Komposisi dan proses ester stearil isopropil alginat sebagai surfaktan untuk menurunkan tegangan permukaan antar minyak dan air

Mahreni, Mahreni and Pawignyo, Harso and Kholisoh, Siti Diyar (2021) Komposisi dan proses ester stearil isopropil alginat sebagai surfaktan untuk menurunkan tegangan permukaan antar minyak dan air. LPPM UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of NILAI PEER REVIEW (PATEN)] Text (NILAI PEER REVIEW (PATEN))
0.0. PATEN PEER REV (SRI DAN MAHID).pdf

Download (829kB)

Abstract

BIDANG TEKNIK INVENSI
Surfaktan (surface acting agent) merupakan senyawa organik dimana dalam molekulnya memiliki gugus yang bersifat hidropfilik dan gugus hidrofobik. Apabila surfaktan ditambahkan ke dalam suatu zat cair dalam jumlah yang sedikit dapat menurunkan tegangan permukaan dan tegangan antara muka zat cair tersebut. Antar muka adalah bagian permukaan yang kontak dengan permukaan zat lain misalnya dengan gas biasanya udara. Zat cair lain misalnya minyak. Penemuan ini berhubungan dengan produk dan proses pembuatan surfaktan “Ester Stearil isopropil alginat” untuk digunakan dalam sistem campuran minyak dan air. Surfaktan Ester Stearil isopropil alginat mempunyai gugus hidrofilik –OH- atau gugus hidroksida yang melekat pada struktur alginat sedangkan gugus hidrofobik adalah Stearil isopropil. Alginat diperoleh dengan cara mengekstrak rumput laut coklat (Sargassum sp.) menggunakan larutan Natrium karbonat (Na2CO3)2% berat. Stearil berasal dari asam stearat (C17H35COOH) dan isopropil berasal dari isopropyl alkohol (C3H7OH).

Item Type: Other
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Depositing User: Dr.Ir., MT Mahreni Mahreni
Date Deposited: 25 Jun 2022 06:44
Last Modified: 25 Jun 2022 06:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30140

Actions (login required)

View Item View Item