PENGUKURAN TINGKAT KESUKSESAN E-LEARNING SPADA WIMAYA PADA UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODEL DELONE DAN MCLEAN

Aryanti, Dona (2022) PENGUKURAN TINGKAT KESUKSESAN E-LEARNING SPADA WIMAYA PADA UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODEL DELONE DAN MCLEAN. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 01 Cover_124170002_Dona Aryanti.pdf] Text
01 Cover_124170002_Dona Aryanti.pdf

Download (390kB)
[thumbnail of 03 Abstrak_124170002_Dona Aryanti.pdf] Text
03 Abstrak_124170002_Dona Aryanti.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of 04 Daftar isi_124170002_Dona Aryanti.pdf] Text
04 Daftar isi_124170002_Dona Aryanti.pdf

Download (496kB)
[thumbnail of 02 Hal Pengesahan_124170002_Dona Aryanti.pdf] Text
02 Hal Pengesahan_124170002_Dona Aryanti.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of 06 Naskah _124170002_Dona Aryanti.pdf] Text
06 Naskah _124170002_Dona Aryanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 05 Daftar Pustaka_124170002_Dona Aryanti.pdf] Text
05 Daftar Pustaka_124170002_Dona Aryanti.pdf

Download (418kB)

Abstract

E-learning adalah salah satu perkembangan teknologi yang memberikan dampak positif
dalam bidang pendidikan. Kesuksesan sebuah e-learning dapat dilihat dari faktor kualitas sistem
dan informasi yang dihasilkan mampu memberikan kepuasan terhadap pengguna sehingga
pengguna bersedia untuk menerima teknologi tersebut untuk membantu pekerjaaannya dan
menggunakannya kembali untuk meningkatkan performa kinerja pengguna. Namun dalam
penggunaan e-learning tentu masih ditemui permasalahan baik dari pengguna maupun sistem.
Oleh karena itu, untuk mengetahui kualitas sistem dan informasi yang diberikan oleh sistem e�learning perlu dilakukannya pengukuran (Novianti, 2018). Model DeLone and McLean
merupakan model yang digunakan untuk mengukur tingkat kesuksesan sistem informasi yang
mencakup enam variabel yang saling berdampak satu sama lain yaitu kualitas sistem, kualitas
informasi, kualitas pelayanan, penggunaan, kepuasan pengguna, dan manfaat bersih (Pusparini
& Sani, 2020)
Penelitian ini mengadaptasi pengembangan DeLone dan McLean Model 2003. Data yang
digunakan adalah data primer yang diperoleh dari jawaban 387 pengguna e-learning SPADA
Wimaya Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta sebagai responden dalam
kuesioner yang disebarkan. Hasil angket diolah menggunakan SPSS untuk uji deskriptif data.
Setelah itu data diolah menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) untuk pengujian
inner model dan outer model yang meliputi pengujian hipotesis melalui software SmartPLS.
Dari sembilan hipotesis yang diajukan, enam hipotesis diterima dan tiga hipotesis lainnya
ditolak. Dikarenakan tidak semua variabel saling mempengaruhi signifikan maka e-lerning
SPADA Wimaya ini dinyatakan belum sukses. Faktor-faktor yang menjadi penghambat
keberhasilan e-learning SPADA Wimaya adalah indikator keamanan sistem (security) dalam
variabel kualitas sistem, responsif (responsive) dalam variabel kualitas layanan dan indikator
efektifitas komunikasi (communication effectiveness) dalam variabel manfaat bersih.
Berdasarkan penelitian terdahulu, penelitian ini memiliki karakteristik yang cukup mirip namun
berbeda studi kasus, indikator, dan model konseptual untuk menguji hipotesis dengan tambahan
untuk mengetahui faktor yang menghambat kesuksesan e-learning SPADA Wimaya dan
hubungan antar variabel.
Kata Kunci : Delone dan Mclean, E-learning, SPADA Wimaya, Pengukuran Kesuksesan, SEM

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Delone dan Mclean, E-learning, SPADA Wimaya, Pengukuran Kesuksesan, SEM
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:08
Last Modified: 03 Oct 2022 06:46
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30109

Actions (login required)

View Item View Item