PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HOTEL SRI WEDARI YOGYAKARTA

SETYO, AVIN DWI (2021) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HOTEL SRI WEDARI YOGYAKARTA. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of SKRIPSI_AVIN_DWI_S_152140072 tuntas.pdf] Text
SKRIPSI_AVIN_DWI_S_152140072 tuntas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAKS.pdf] Text
ABSTRAKS.pdf

Download (26kB)
[thumbnail of cover (2).pdf] Text
cover (2).pdf

Download (113kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI (3).pdf] Text
DAFTAR ISI (3).pdf

Download (45kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA (2).pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf

Download (92kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan (2).JPG]
Preview
Image
Halaman Pengesahan (2).JPG

Download (351kB) | Preview

Abstract

Industri perhotelan di Yogyakarta saat ini sudah berkembang pesat dengan
banyaknya pembangunan hotel baru. Persaingan hotel-hotel di Yogyakarta
ditunjukan dengan adanya mutu pelayanan yang ditawarkan dari setiap manajemen
hotel. Pada tahun 2020 terjadi penurunan pengunjung tamu cukup tinggi. Selain
banyak hotel pesaing yang tersebar, penurunan pengujung yang menginap di hotel
Sri wedari diakibatkan karena Pandemi Covid-19. Selain itu dari hasil pengamatan
langsung penulis saat melakukan magang diketahui fenomena yang merujuk pada
pelayanan pegawai hotel.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
terhadap studi kepuasan pelanggan pada Hotel Sri Wedari Yogyakarta. Teknik
pengambilan data menggunakan instrument penelitian kuesioner dengan jumlah
responden adalah 40 orang pengunjung dalam waktu tertentu di Hotel Sri Wedari
Yogyakarta.
Berdasar analisis koefisien determinasi di atas, diperoleh besarnya nilai R
square sebesar 0,661 yang berarti kualitas pelayanan memberikan pengaruh
terhadap kepuasan pelanggan Hotel Sri Wedari Yogyakarta sebesar 66,1%. Dan
kemudian sisanya sebesar 33,9% kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh variabel
lainnya di luar model penelitian. Hasil uji hipotesis yang diperoleh dalam penelitian
ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif sebesar
0,014 yang mana apabila signifikansi < 0,05 berarti Ho ditolak dan Ha diterima,
artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap
kepuasan pelanggan Hotel Sri Wedari Yogyakarta.
Kata kunci: Kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, kepuasan pelangga
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 09 Jun 2022 06:16
Last Modified: 09 Jun 2022 06:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30017

Actions (login required)

View Item View Item