Putri, Dyah Anggraini Kartika (2022) ANALISIS CAPABILITY LEVEL TATA KELOLA TI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 PADA KEBERLANJUTAN DAN KETERSEDIAAN LAYANAN (STUDI KASUS: LMS SPADA WIMAYA UPN “VETERAN” YOGYAKARTA). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
1. SKRIPSI FULL_124180062_DYAH ANGGRAINI KARTIKA PUTRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
2. COVER_124180062_DYAH ANGGRAINI KARTIKA PUTRI (1).pdf Download (287kB) |
|
Text
3. ABSTRAK_124180062_DYAH ANGGRAINI KARTIKA PUTRI (1).pdf Download (102kB) |
|
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN_124180062_DYAH ANGGRAINI KARTIKA PUTRI.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. DAFTAR ISI_124180062_DYAH ANGGRAINI KARTIKA PUTRI.pdf Download (481kB) |
|
Text
6. DAFTAR PUSTAKA_124180062_DYAH ANGGRAINI KARTIKA PUTRI.pdf Download (167kB) |
Abstract
Saat ini di sektor perguruan tinggi banyak yang memindahkan layanannya secara online
dengan penyesuaian waktu yang terbatas di era pandemi COVID-19. Salah satunya yaitu
perguruan tinggi UPN Veteran Yogyakarta menghadirkan Learning System Management
(LMS) Spada Wimaya sebagai upaya perwujudan dari visinya sebagai sarana pendukung
aktivitas pembelajaran di era pandemi COVID-19. Pentingnya layanan tersebut di kondisi
saat ini mengindikasikan bahwa ketersediaan layanan LMS menjadi kunci utama dalam
menunjang keberlanjutan dalam aktivitas pembelajaran. Dalam pengelolaanya masih
terdapat permasalahan yang muncul dan insiden yang terjadi berulang kali seperti server
down dan overloading yang menghambat aktivitas pembelajaran. Upaya untuk
meningkatkan kinerja pengelolaan TI layanan perlu dilakukan dengan menganalisis
capability level dalam proses pengelolaan manajemen TI agar dapat menghasilkan prioritas
perbaikan proses dan aktivitas-aktivitas yang akan dilakukan dalam upaya perbaikan
pengelolaan TI di organisasi.
Penelitian ini bertujuan untuk menilai capability level untuk mengetahui kondisi capability
level as-is, to-be, gap analysis dan memberikan rekomendasi perbaikan tata kelola TI pada
proses keberlanjutan dan ketersediaan layanan LMS Spada Wimaya. Penelitian ini
menggunakan acuan kriteria penilaian Process Assessment Model (PAM) COBIT 5.
Tahapan dalam penelitian mengadopsi dari assessment process activities COBIT 5.
Berdasarkan Visi dan Misi UPN “Veteran” Yogyakarta terkait pengadaan layanan LMS
Spada Wimaya dihasilkan enterprise goals hasil dari penyelarasan tujuan organisasi tersebut
dengan tujuan TI COBIT 5 yaitu Business Service Continuity and Availability. Proses hasil
pemetaan dilakukan priotitisasi berdasarkan dampak dan kepentingan. Hasil penilaian
capability level saat ini (as-is) pada proses BAI06, DSS03, DSS05, dan MEA01 berada pada
level 2 dengan target capability level (to-be) yang diharapkan pada level 3 dengan tingkat
kesenjangan (gap) sebesar 1. Pada proses DSS01, DSS02, dan DSS04 berada pada level 1
dengan target capability level (to-be) yang diharapkan pada level 3 dengan tingkat
kesenjangan (gap) sebesar 2. Untuk mencapai target yang diharapkan perlu untuk membuat
dokumen sebagai bukti pelaksanaan aktivitas, menetapkan aturan persyaratan kriteria
output, menetapkan tujuan dan target kinerja, membuat Standar Operasional Prosedur
(SOP), melakukan penilaian kinerja untuk memastikan kesesuaian.
Kata Kunci: Tata Kelola TI, COBIT 5, Capability Level, LMS Spada Wimaya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tata Kelola TI, COBIT 5, Capability Level, LMS Spada Wimaya |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 30 May 2022 06:29 |
Last Modified: | 30 May 2022 06:29 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/29901 |
Actions (login required)
View Item |