STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA DAERAH DI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN CILACAP DALAM MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN

Pujiarto, Mamat (2011) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA DAERAH DI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN CILACAP DALAM MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of Abstrak.docx] Text
Abstrak.docx

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK
Sektor pariwisata merupakan salah satu aset yang dimilikai oleh setiap daerah
di Indonesia. Setiap daerah mempunyai potensi masing masing
untuk dikembangkan
menjadi tempat wisata yang lebih besar lagi. Kabupaten Cilacap mempunyai aset
wisata pantai yang cukup menjanjikan, namun masih banyak obyek wisata di
Kabupaten Cilacap yang belum diketahui oleh masyarakat luas. Ketiadaan informasi
atau
kurangnya informasi mengenai objek wisata di Kabupaten Cilacap yang
menjadikan kendala yang menyebabkan berkurangnya kunjungan wisatawan ke
Kabupaten Cilacap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi
komunikasi pemasaran yang diguna
kan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan
Kabupaten Cilacap serta untuk mendeskripsikan hambatan
-
hambatan yang dihadapi
dalam menerapkan kebijakan strategi komunikasi pemasaran tersebut.
Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode
pe
nelitian deskriptif
kualitatif dengan teknik analisis data kualitatif.
Tekhnik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara secara
mendalam dengan seksi pemasaran Dinas Pariwisata, dinas perhotelan, biro jasa
pariwisata dan juga
dengan wisatawan,serta dengan melakukan observasi langsung
dan mengumpulkan data
-
data lain dari Dinas Pariwisata sebagai pelengkap.
Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran
yang dijalankan
oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap
menggunakan
advertisnig
,
personal selling
,
salles promotion
dan
publicity
dengan
mengikuti
event
-
event
dan pameran pariwisata. Dari berbagai macam strategi yang
digunakan, mengadakan
event
-
event
yang
dianggap paling efektif. Seperti
event
Gelar
Budaya Sedekah Laut dan festifal Layang
-
layang, karena
event
-
event
inilah yang
paling banyak menyedot perhatian para wisatawan dan Seksi Pemasaran Dinas
Pariwisata dapat langsung berinteraksi dengan para wisataw
an dan bisa memdapatkan
feedback
secara langsung. Media yang digunakan adalah media cetak seperti leaflets,
brosur serta poster dan baliho. Sedangkan media audio dan audio visual yaitu dengan
menggunakan radio, proyektor, CD interaktif dan juga menggunaka
n internet dalam
memasarkan objek wisata di Cilacap. Dalam palaksanaan strategi komunikasi
pemasaran, Dinas Pariwisata masih menemui beberapa kendala seperti kurang
dikenalnya obyek wisata di Kabupaten Cilacap serta keterbatasan dana menjadi
masalah yang p
elik dalam melakukan kegiatan komunikasi pemasaran. Permasalahn
itu yang menjadikan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Dinas
Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap menjadi kurang optimal.
Kata kunci : Komunikasi pemasaran, pariwisata
dan strategi
xiv
xvi
ABSTRACT
The tourism sector is one asset that dimilikai by each region in Indonesia.
Each
region has the potential of each to be developed into tourist attractions even
greater.
Cilacap District has a coastal tourism assets that
is promising, but still many
attractions in the District of Cilacap the unknown by the public.
The absence of
information or lack of information about attractions in Cilacap that make obstacles
that cause a reduction in tourist visits to Cilacap.
The purpo
se of this study was to
describe the marketing communication strategies used by the Department of Tourism
and Culture Cilacap and to describe the obstacles encountered in implementing the
policy of the marketing communication strategy.
The research method
used in this study was descriptive qualitative research
methods with qualitative data analysis techniques.
Techniques of data collection in
this study is to conduct in
-
depth interviews with the marketing section of Tourism,
hospitality services, tourism an
d service bureaus also with tourists, as well as by
direct observation and collect other data from the Department of Tourism as a
complement.
In the results showed that the marketing communications strategy that is run
by the Department of Tourism and Cult
ure Cilacap using advertisnig, personal
selling, promotion and publicity Salles by following the events and exhibition
tourism.
From a variety of strategies are used, hold
-
eventlah events that are
considered most effective.
Cultural events such as the degr
ee Alms Sea and kite
festivals, because these events attracted the most tourists and Marketing Section of
the Department of Tourism can directly interact with the tourists and can
memdapatkan feedback directly.
The media used are printed media such as leaf
lets,
brochures and posters and billboards.
While the audio and audio visual media that is
by using the radio, projector, interactive CDs and also using the internet in marketing
the attractions in Cilacap
.
In palaksanaan marketing communications strategy,
the
Department of Tourism still encountering some obstacles such as less familiar sights
in the district of Cilacap and limitation of funds into the thorny problems in
conducting marketing communication activities.
Permasalahn that's what makes the
market
ing communication strategy undertaken by the Department of Tourism and
Culture Cilacap become less optimal.
Key wo
rds: Marketing communications, tourism and s
trategies

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HF Commerce
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 03 Jun 2016 06:46
Last Modified: 03 Jun 2016 06:46
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/2971

Actions (login required)

View Item View Item