ANALISA PETROFISIK SUMUR-SUMUR GAS EXPLORASI UNTUK KARAKTERISASI RESERVOIR

Sudarmoyo, Sudarmoyo and Nugroho, Aji and Kristiati EA, M. Th. Kristiati EA and Prayitno, Sayoga Heru (2016) ANALISA PETROFISIK SUMUR-SUMUR GAS EXPLORASI UNTUK KARAKTERISASI RESERVOIR. In: Prosiding Seminar Nasional Kebumian XI Yogyakarta, 3-4 November 2016, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Analisa Petrofisik zsumur sumur Gas Eksplorasi.pdf] Text
Analisa Petrofisik zsumur sumur Gas Eksplorasi.pdf

Download (5MB)

Abstract

Lapangan eksplorasi “S” memiliki sumur eksplorasi pertama, EXP-1, dibor tahun 1983. Dari data DST dan test produksi pada interval tertentu diketahui mengandung hidrokarbon gas dan kondensat (dominan gas). Laju produksi gas mencapai 1357 MMSCFPD, karena pertimbangan komersiil saat itu, Sumur EXP-1 ditutup sementara dan tidak dikembangkan lebih lanjut. Sumur yang selanjutnya dibor adalah EXP-2 dan EXP-3. Kondisi lapangan “S” saat ini masih dalam tahap eksplorasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui reservoir, ketebalan net pay dan besarnya volume gas mula-mula per acre tiap reservoir yang ditembus oleh Sumur EXP-1 dan EXP-3, untuk mengetahui potensi Lapangan “S”. Sumur EXP-2 dry hole, sehingga tidak dipertimbangkan.
Penelitian model analisa petrofisik didukung oleh data geologi, analisa cutting, anaisa core, wireline log dan data DST/test produksi. Tahapan analisa petrofisik yang dilakukan meliputi kompilasi data, input data kedalam software Geplog 7, koreksi data LAS wireline log, penentuan parameter analisa petrofisik, analisa log kualitatif dan kuantitatif, review hasil anaisa kuantitatif secara manual & sofware Geolog 7, penentuan nilai cut off parameter petrofisik, reservoir lumping, dan perhitungan volume gas mula-mula per acre setiap reservoir yang ditembus oleh sumur-sumur eksplorasi ini. Berdasarkan analisa petrofisik dua sumur eksplorasi akan dapat diketahui jumlah reservoir, net pay nya dan volume gas mula-mula per acre dari masing-masing reservoir.

Keywords : sumur eksplorasi, petrofisik, OGIP

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: sumur eksplorasi, petrofisik, OGIP
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: ST.,MT M.Th. KRISTIATI EKO ANDREASTUTI
Date Deposited: 25 Apr 2022 02:02
Last Modified: 25 Apr 2022 02:02
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/29643

Actions (login required)

View Item View Item