Sari, Novita (2022) PENGARUH TERPAAN IKLAN TOKOPEDIA #MULAIAJADULU DAN KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER RACHEL VENNYA TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA (Survei Pada Remaja Pedukuhan Geneng Panggungharjo Sewon Bantul. Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK-10.pdf Download (186kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI-11.pdf Download (180kB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar Pustaka-7.pdf Download (420kB) | Preview |
Preview |
Text
HALAMAN JUDUL-2.pdf Download (164kB) | Preview |
Preview |
Text
HALAMAN PENGESAHAN-6.pdf Download (727kB) | Preview |
Text
skripsi Novita Sari Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Tokopedia adalah salah satu mall online di Indonesia yang menjadi model bisnis
marketplace. Tokopedia menggunakan tagline #MulaiAjaDulu untuk meningkatkan viewers
bahwa sesuatu yang menjadi kenyataan, seseorang harus mulai mencobanya. Rachel Vennya
adalah celebrity endorser yang memberikan pengaruh dalam perubahan perilaku audien.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari Iklan Tokopedia
#MulaiAjaDulu dan Kredibilitas celebrity endorser Rachel Vennya terhadap Motivasi
berwirausaha di Pedukuhan Geneng Panggungharjo Sewon Bantul. Teori yang digunakan
Teori Terpaan Media dan Teori Motivasi. Metode yang digunakan adalah Metode Kuantitatif
dengan menyebar kuesioner kepada responden. Sampel penelitian 80 responden dari 155
remaja usia 17 sampai 23 tahun Pedukuhan Geneng Panggungharjo Sewon Bantul. Hasil
perhitungan R square sebesar 0,559 atau 5,59%. Hasil korelasi product moment dinyatakan
adanya hubungan positif iklan Tokopedia #MulaiAjaDulu terhadap Motivasi berwitausaha
sebesar 0,678, sedangkan kredibilitas Celebrity Endorser Rachel Vennya terhadap motivasi
berwirausaha sebesar 0,719. Teori pada penelitian ini dinyatakan teruji karena menunjukkan
respon bahwa iklan Tokopedia #Mulaiajadulu dan kredibilitas celebrity endorser Rachel
Vennya berperngaruh terhadap Motivasi Berwirausaha.
Kata kunci: Periklanan, Tokopedia #MulaiAjaDulu, Celebrity Endorser Rachel Vennya,
motivasi berwirausaha
ABSTRACT
Tokopedia is one of the online malls in Indonesia which is a market business model. Tokopedia
uses the #MulaiAjaDulu tagline to increase the viewers that something is coming true, someone
should start trying it. Rachel Vennya is celebrity endorser who gives influence in changing
audience behavior. This study aims to find whether there is an influence from Tokopedia Ads
#MulaiAjaDulu and Credibility of celebrity endorser Rachel Vennya on entrepreneurial
motivation in the Pedukuhan Geneng Panggungharjo Sewon Bantul. The theory used is Media
Exposure Theory and Motivation Theory. The method used is a quantitative method by distributing
questionnaires to respondents. The research sample was 80 respondents from 155 adolescents
aged 17 to 23 years in Pedukuhan Geneng Panggungharjo Sewon Bantul. R square calculation
results of 0.559 or 5.59%. The product moment correlation results revealed a positive relationship
Tokopedia ads #MulaiAjaDulu to entrepreneurial motivation of 0.678, while the credibility
Celebrity Endorser Rachel Vennya to entrepreneurial motivation was 0.719. The theory in this
study is tested because it shows the response that Tokopedia #Mulaiajadulu's adverts and celebrity
endorser Rachel Vennya's credibility influence entrepreneurial motivation.
Keywords: Advertising, Tokopedia #MulaiAjaDulu, Celebrity Endorser Rachel Vennya,
entrepreneurship motivation
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Periklanan, Tokopedia #MulaiAjaDulu, Celebrity Endorser Rachel Vennya, motivasi berwirausaha |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 15 Mar 2022 02:26 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 08:09 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28950 |
Actions (login required)
View Item |