PENGARUH PEMBERIAN BERBAGAI JENIS PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTERIA DAN DOSIS BIOURINE SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN SERTA HASIL DAN KUALITAS TANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.)

Ramadhannia, Rizda (2021) PENGARUH PEMBERIAN BERBAGAI JENIS PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTERIA DAN DOSIS BIOURINE SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN SERTA HASIL DAN KUALITAS TANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI FULL_RIZDA RAMADHANNIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Kendala yang umumnya dihadapi dalam budidaya tanaman bawang merah ialah infeksi patogen serta masalah lain dalam penggunaan pupuk kimia yang berlebihan dapat mengakibatkan tanah menjadi padat dan rusak. Hal tersebut dapat diatasi dengan penambahan PGPR dan pemberian biourine sapi. Tujuan penelitian untuk mengetahui penggunaan jenis PGPR dan dosis biourine yang terbaik bagi pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah. Penelitian menggunakan percobaan lapangan disusun dengan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) metode faktorial (3x3)+1. Faktor I adalah jenis PGPR yang terdiri atas 3 aras yaitu PGPR berasal dari akar bambu, akar alang-alang dan akar putri malu. Faktor II adalah dosis Biourine sapi yang terdiri atas tiga aras yaitu 50mL/tan, 100mL/tan dan 150mL/tan. Sebagai kontrol adalah dengan pemberian pupuk NPK pada umur 2 MST, 4 MST dan 6 MST sebanyak 900 Kg/Ha atau 3,6 g/tanaman. Untuk mengetahui perbedaan antara kontrol dengan kombinasi perlakuan dilakukan dengan uji kontras orthogonal. Data yang diperoleh dianalisis keragamannya menggunakan (ANOVA) Analysis of Variance. Apabila ada beda nyata dilanjutkan dengan uji (DMRT) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beda nyata antara kontrol dengan kombinasi perlakuan pada parameter hari muncul tunas, jumlah daun per rumpun 6 MST, volume akar, lama simpan dan kecepatan umbi busuk. Kombinasi perlakuan PGPR dan Biourine sapi menunjukkan adanya interaksi pada parameter kadar air umbi simpan. Perlakuan PGPR nyata lebih baik berasal dari akar bambu dan akar alang pada parameter jumlah daun per rumpun 2 MST, jumlah daun per rumpun 4 MST, jumlah daun per rumpun 6 MST, jumlah anakan 2 MST, jumlah anakan 4 MST, jumlah anakan 6 MST. Perlakuan Biourine sapi terbaik dengan dosis 100 mL/tanaman pada parameter jumlah daun per rumpun 4 MST, jumlah daun per rumpun 6 MST, bobot segar umbi per tanaman serta diameter umbi per tanaman. Kata kunci : bawang merah, Plant Growth Promoting Rhizobacteria, biourine sapi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: bawang merah, Plant Growth Promoting Rhizobacteria, biourine sapi.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 02 Mar 2022 04:17
Last Modified: 02 Mar 2022 04:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28559

Actions (login required)

View Item View Item