PENERAPAN REST API WEB SERVICE UNTUK INTEGRASI DATA PADA SISTEM IRIGASI TETES PADA LAHAN SUBOPTIMAL

Maulidina, Ferniandita Nilam (2021) PENERAPAN REST API WEB SERVICE UNTUK INTEGRASI DATA PADA SISTEM IRIGASI TETES PADA LAHAN SUBOPTIMAL. Diploma thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FULL_123150007_Ferniandita Nilam Maulidina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_123150007_Ferniandita Nilam Maulidina.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_123150007_Ferniandita Nilam Maulidina.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_123150007_Ferniandita Nilam Maulidina.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_123150007_Ferniandita Nilam Maulidina.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_123150007_Ferniandita Nilam Maulidina.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_123150007_Ferniandita Nilam Maulidina.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN PEMBIMBING_123150007_Ferniandita Nilam Maulidina.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN PENGUJI_123150007_Ferniandita Nilam Maulidina.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lahan suboptimal memiliki karakteristik dan kendala masing-masing sesuai dengan jenisnya. Pada lahan kering yang ketersediaan airnya sedikit, perlu diperlukan usaha pengontrolan penggunaan air yang baik agar tidak boros, salah satu caranya yaitu dengan menggunakan sistem irigasi tetes sekaligus menerapkan konsep pertanian cerdas. Sistem yang telah tersedia yaitu sistem penyedia informasi kondisi lingkungan dan penyiraman tanaman yang terdiri dari microcontroller dan sensor-sensor yang mengirimkan data dari lokasi ke database lokal sehingga data hanya bisa diakses di lokasi secara offline menggunakan website. Agar data tersebut bisa diakses dimana saja dan kapan saja, maka perlu dikembangkan sistem baru berbasis android yang menggunakan cloud database. Akan tetapi, terdapat kemungkinan bahwa data kedua database tidak saling tersinkronisasi jika dilakukan perubahan data. Untuk dapat saling berkomunikasi antara sistem satu dengan yang lainnya, maka diperlukan integrasi antara kedua sistem, salah satunya dengan menggunakan REST API web service. Proses untuk mengintegrasikan data yaitu REST API pada server lokal mengambil data kondisi lingkungan tanaman dan data kontrol penyiraman tanaman dari database lokal untuk ditampilkan pada website sekaligus mengirimkan data tersebut ke cloud server. Kemudian REST API pada cloud server menangkap data tersebut dan menyimpannya ke cloud database dan menampilkannya pada android. Sebaliknya REST API cloud juga menyediakan perubahan data kontrol penyiraman tanaman untuk REST API lokal yang dapat di-request secara berkala setiap menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi data pada server lokal dan cloud server telah berhasil dilakukan dibuktikan dengan hasil pengujian REST API yang telah dilakukan mendapatkan 100% pada proses pengiriman data dari server lokal ke cloud server serta proses permintaan data dari cloud server oleh server lokal. Menu pada aplikasi website dan android untuk mendapatkan informasi kondisi lingkungan tanaman dan kontrol penyiraman tanaman dapat berfungsi dengan baik dan memberikan data yang sesuai dibuktikan dengan hasil pengujian fungsionalitas aplikasi website dan android yang telah dilakukan mendapatkan hasil 100%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Irigasi Tetes, Pertanian Cerdas, Integrasi Data, REST API, Web Service.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 02 Mar 2022 02:28
Last Modified: 02 Mar 2022 02:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28545

Actions (login required)

View Item View Item