SUPRAPTINI, EVANITA ARI (2012) IMAGE BUILDING PARIWISATA KOTA YOGYAKARTA (Studi Deskriptif Strategi Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta Dalam Membangun Citra Pariwisata Kota Yogyakarta). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
Text
ABSTRAKSI.doc Download (30kB) |
Abstract
ABSTRAK Kota Yogyakarta berpotensi menjadi kota pariwisata terbesar di level Nasional maupun Internasional. Problematika yang muncul terkait dengan infrastruktur dan fasilitas pariwisata. Beberapa diantaranya minimnya fasilitas umum di kawasan obyek wisata. Beberapa tour guide yang belum berlisensi dan erupsi merapi. Masalah Jika ini tidak segera diatasi maka akan berdampak buruk bagi citra kota Yogyakarta sebagai kota pariwisata dan budaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan jenis data kualitatif. Riset ini meneliti tentang image building (membangun citra) pariwisata kota Yogyakarta dengan menggunakan Relat ionship Management Theory karena teori ini merefleksikan sebuah hubungan dibangun dengan adanya komunikasi antara organisasi dan MAP ( Market , Audiens , Place ). Suatu interaksi yang berkelanjutan harus saling menguntungkan satu sama lain. Kedua pihak harus men dapatkan sesuatu dari hubungan tersebut. Ada tiga tipe dari hubungan dalam Relationship Management Theory yaitu interpersonal, professional, dan komunitas. Obyek dalam penelitian ini adalah usaha atau strategi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebud ayaan Kota Yogyakarta dalam image building (membangun citra) pariwisata kota Yogyakarta. Teknik pengambilan data untuk penelitian ini adalah melalui wawancara mendalam dengan staff Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta bidang Promosi dan Kerjasam a Pariwisata dan bidang Obyek Daya tarik Wisata dan melakukan observasi. Triangulasi data dilakukan dengan cara pengamatan serta dokumen atau arsip yang menyangkut pada obyek penelitian yang terdiri dari staff Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakart a, dokumen data, pengelola kampung wisata dan para wisatawan. Dari hasil penelitian, strategi yang digunakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta dalam membangun citra (image building) adalah strategi bidang Promosi dan Kerjasama Pariwisata, str ategi bidang Objek dan Daya Tarik Wisata, strategi bidang Pembinaan dan Pengembangan Kepariwisataan, dan strategi bidang Kebudayaan. xiii ABSTRACT Yogyakarta potentially become s the largest city and has a high level national ly and internationally . The problems that arise related to infrastructure and tourism facilities. Some of them are lack of public facilities in the area attractions. Some tour guide who doesn’t have license and merapi eruption . The problem of communication which appears is comm unicator can be successful messenger in doing communication to communicant. If this is not addressed then it will be bad for the image of the city of Yogyakarta as city tourism and culture . This research used descriptive research method with qualitative da ta types. This research examines the image building (build the image of) the city of Yogyakarta tourism using the Rela tionship Management Theory because this theory reflects a relationship built with the communication between the organization and MAP (Mark et, Audience, Place). A continuous interaction must be mutually beneficial to each other. Both parties must get something from the relationship. There are three types of relationships in the Theory of Interpersonal Relationship Manageme nt, professional, an d community. An Object in this study is effort or strategy which is used by the Department of Tourism and Culture of Yogyakarta in image building tourism city of Yogyakarta. Sampling techniques for this research is through in - depth interviews with staff of the Department of Tourism and Culture area of Yogyakarta Tourism Promotion and Cooperation and the field Object Tourism attraction and observe. Triangulation of data is done by observation and documents or records relating to the object of research staff consisting of the Department of Tourism and Culture of Yogyakarta, the document of data , the manager of the tourist village and tourists. From the research, strategies which are used by culture and tourism department of Yogyakarta in the correlation with i mage building are, promotion and tourism cooperation strategy, object and tourism interested strategy, tourism development strategy, and cultural strategy.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Depositing User: | Muji Isambina |
Date Deposited: | 02 Jun 2016 03:31 |
Last Modified: | 02 Jun 2016 03:31 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/2854 |
Actions (login required)
View Item |