SUPRAPTINI, EVANITA ARI (2012) IMAGE BUILDING PARIWISATA KOTA YOGYAKARTA (Studi Deskriptif Strategi Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta Dalam Membangun Citra Pariwisata Kota Yogyakarta). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
![]() |
Text
ABSTRAKSI.doc Download (30kB) |
Abstract
ABSTRAK
Kota Yogyakarta berpotensi menjadi kota pariwisata terbesar di level
Nasional maupun Internasional. Problematika yang muncul
terkait dengan
infrastruktur dan fasilitas pariwisata. Beberapa diantaranya minimnya fasilitas
umum di kawasan obyek wisata. Beberapa
tour guide
yang belum berlisensi dan
erupsi merapi. Masalah Jika ini tidak segera diatasi maka akan berdampak buruk
bagi
citra kota Yogyakarta sebagai kota pariwisata dan budaya. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian deskriptif dengan jenis data kualitatif. Riset ini
meneliti tentang
image building
(membangun citra) pariwisata kota Yogyakarta
dengan menggunakan
Relat
ionship Management Theory
karena teori ini
merefleksikan sebuah hubungan dibangun dengan adanya komunikasi antara
organisasi dan MAP (
Market
,
Audiens
,
Place
). Suatu interaksi yang berkelanjutan
harus saling menguntungkan satu sama lain. Kedua pihak harus men
dapatkan
sesuatu dari hubungan tersebut. Ada tiga tipe dari hubungan dalam
Relationship
Management Theory
yaitu interpersonal, professional, dan komunitas. Obyek
dalam penelitian ini adalah usaha atau strategi yang dilakukan oleh Dinas
Pariwisata dan Kebud
ayaan Kota Yogyakarta dalam
image building
(membangun
citra) pariwisata kota Yogyakarta. Teknik pengambilan data untuk penelitian ini
adalah melalui wawancara mendalam dengan staff Dinas Pariwisata dan
Kebudayaan Kota Yogyakarta bidang Promosi dan Kerjasam
a Pariwisata dan
bidang Obyek Daya tarik Wisata dan melakukan observasi. Triangulasi data
dilakukan dengan cara pengamatan serta dokumen atau arsip yang menyangkut
pada obyek penelitian yang terdiri dari staff Dinas Pariwisata dan Kebudayaan
Kota Yogyakart
a, dokumen data, pengelola kampung wisata dan para wisatawan.
Dari hasil penelitian, strategi yang digunakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan
Kota Yogyakarta dalam membangun citra (image building) adalah strategi bidang
Promosi dan Kerjasama Pariwisata, str
ategi bidang Objek dan Daya Tarik Wisata,
strategi bidang Pembinaan dan Pengembangan Kepariwisataan, dan strategi
bidang Kebudayaan.
xiii
ABSTRACT
Yogyakarta potentially
become
s the
largest
city and has a high level
national
ly and internationally
. The problems that arise related to infrastructure and
tourism facilities. Some of them
are
lack of public facilities in the area attractions.
Some
tour guide who doesn’t have license and merapi eruption
.
The problem of
communication which appears is comm
unicator can be successful messenger in
doing communication to communicant.
If this is not addressed then it will be bad
for the image of the city of Yogyakarta as city tourism and culture
. This research
used descriptive research method with qualitative da
ta types. This research
examines the image building (build the image of) the city of Yogyakarta tourism
using the Rela
tionship Management Theory because
this theory reflects a
relationship built with the communication between the organization and MAP
(Mark
et, Audience, Place). A continuous interaction must be mutually beneficial
to each other. Both parties must get something from the relationship. There are
three types of relationships in the Theory of Interpersonal Relationship
Manageme
nt, professional, an
d community. An Object in this study is effort or
strategy which is used
by the Department of Tourism and Culture of Yogyakarta
in
image building
tourism city of Yogyakarta. Sampling techniques for this
research is through in
-
depth interviews with staff of
the Department of Tourism
and Culture area of Yogyakarta Tourism Promotion and Cooperation and the field
Object Tourism attraction and observe. Triangulation of data is done by
observation and documents or records relating to the object of research staff
consisting of the Department of Tourism and Culture
of Yogyakarta, the
document of data
, the manager of the tourist village and tourists.
From the
research, strategies which are used by culture and tourism department of
Yogyakarta in the correlation with i
mage building are, promotion and tourism
cooperation strategy, object and tourism interested strategy, tourism development
strategy, and cultural strategy.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Depositing User: | Muji Isambina |
Date Deposited: | 02 Jun 2016 03:31 |
Last Modified: | 02 Jun 2016 03:31 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/2854 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |