PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PROGRAM PENGEMBANGAN INDUSTRI RUMAHAN DI DESA NGADIKUSUMAN, KECAMATAN KERTEK, KABUPATEN WONOSOBO, PROVINSI JAWA TENGAH

KARANG, ANAK AGUNG AYU UTTARI KARTIKA DEWI (2021) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PROGRAM PENGEMBANGAN INDUSTRI RUMAHAN DI DESA NGADIKUSUMAN, KECAMATAN KERTEK, KABUPATEN WONOSOBO, PROVINSI JAWA TENGAH. Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
1. FULL TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
2. COVER (2).pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB) | Preview

Abstract

Program Pengembangan Industri Rumahan program pemberdayaan perempuan untuk menanggapi moratorium atau penghentian pengiriman pekerja migran Indonesia ke luar negeri dimana mayoritas pekerja migran adalah perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengkaji proses pemberdayaan perempuan melalui Program Pengembangan Industri Rumahan (2) Mengkaji faktor pendukung dan penghambat pelaksanan Program Pengembangan Industri Rumahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan yang terdiri dari pendamping dan pelaku Industri Rumahan Desa Ngadikusuman, Dinas PPPA dan Kemen PPPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi literatur. Teknik pengumpulan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa (1) Pemberdayaan perempuan melalui Program Pengembangan Industri Rumahan di Desa Ngadikusuman, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo telah mencapai tahap pemberian daya. (2) Faktor pendukung dalam program ini antara lain: program ini sangat diminati oleh pelaku usaha ultra mikro; peran aktif dari seluruh pihak yang mulai dari tingkat pusat sampai dengan desa; banyaknya manfaat yang dirasakan pelaku Industri Rumahan setelah mengikuti program ini; bantuan alat serta fasilitasi pendampingan dan pelatihan sudah tepat guna dan sasaran. Faktor penghambatnya antara lain: keterbatasan anggaran untuk pendataan tahunan; kemampuan SDM pelaku Industri Rumahan yang rendah; ketersediaan bahan baku yang seringkali sulit tersedia; ada beberapa pelaku yang seringkali berganti – ganti produk; keterbatasan agunan dan keterbatasan modal usaha; kurang tertibnya pelaku Industri Rumahan dalam menggunakan dana pinjaman; pelaku Industri Rumahan kurang berani untuk mengurus sertifikasinya sendiri; keterbatasan pemahaman pelaku terkait penggunaan IT. Kata Kunci: Pemberdayaan Perempuan, Program Pengembangan Industri Rumahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Perempuan, Program Pengembangan Industri Rumahan.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 17 Feb 2022 07:23
Last Modified: 17 Feb 2022 07:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28419

Actions (login required)

View Item View Item