APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFI DAN PERMODELAN AIR PERMUKAAN HEC-RAS UNTUK PENGELOLAAN RISIKO BANJIR BANDANG DI KECAMATAN LARANTUKA KABUPATEN FLORES TIMUR PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

JATI, VINANSIUS JIMMY (2020) APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFI DAN PERMODELAN AIR PERMUKAAN HEC-RAS UNTUK PENGELOLAAN RISIKO BANJIR BANDANG DI KECAMATAN LARANTUKA KABUPATEN FLORES TIMUR PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR. Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1.Cover.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Halaman Pengesahan.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text
Draft Tesis Vinansius Jimmy Jati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Wilayah Kecamatan Larantuka merupakan pusat pemerintahan dan ekonomi di Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kecamatan Larantuka merupakan wilayah dengan tingkat risiko banjir bandang yang tinggi. Tercatat kejadian banjir bandang pada tahun 1979 telah mengakibatkan korban meninggal dan hilang di atas 100 jiwa dan melumpuhkan sebagian besar Kota Larantuka. Kejadian serupa terulang lagi pada tahun 2003 yang mengakibatkan 10 korban meninggal, dan kejadian banjir dengan intensitas yang lebih kecil, seperti yang terjadi pada tahun 2011 dan 2013 yang merendam dan menghanyutkan beberapa rumah. Penelitian Tentang Aplikasi Sistem Informasi Geografi Dan Permodelan Air HEC-RAS Untuk Pengelolaan Risiko Banjir Bandang bertujuan mengetahui zona ancaman banjir bandang, menguji keakuratan permodelan limpasan aliran banjir, menghitung potensi terpapar, mengetahui karakter cuaca (curah hujan) yang dapat memicu banjir bandang, serta membangun sistem peringatan dini. Penelitian diawali dengan pengumpulan data primer dan sekunder seperti kondisi sosial kelembagaan, kondisi morfologi, kondisi geologi, kondisi iklim yang kemudian menghasilkan peta rawan longsor, kemudian dilakukan uji simulasi dan validasi. Dari proses tersebut menghasilkan peta zona ancaman banjir bandang, kemudian dilakukan perhitungan potensi terpapar dan membangun sistem peringatan dini. Dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat 3 faktor utama yang mengakibatkan risiko tinggi banjir bandang di daerah penelitian seperti: faktor hidrometeorologi yaitu pergerakan atau pertumbuhan badai siklon tropis yang mengakibatkan curah hujan ekstrem, faktor fisik seperti morfologi dan geologi yang mempengaruhi kestabilan lereng serta alur sungai yang semakin menyempit atau menghilang ke arah hilir. Kemudian faktor manusia seperti pembangunan pemukiman dan bangunan publik yang tidak memperhatikan zona rawan bencana, kurangnya upaya pengurangan risiko bencana banjir bandang oleh lembaga pemerintah daerah terkait.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 15 Feb 2022 07:28
Last Modified: 15 Feb 2022 07:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28386

Actions (login required)

View Item View Item