PENENTUAN KEBIJAKAN DAN PERENCANAAN JADWAL PEMELIHARAAN MESIN SHAVING MENGGUNAKAN RANTAI MARKOV (Studi kasus : PT Adi Satria Abadi, Bantul, DI Yogyakarta)

Puspita, Puspa (2020) PENENTUAN KEBIJAKAN DAN PERENCANAAN JADWAL PEMELIHARAAN MESIN SHAVING MENGGUNAKAN RANTAI MARKOV (Studi kasus : PT Adi Satria Abadi, Bantul, DI Yogyakarta). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK TTD.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HARDCOVER.pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

PT Adi Satria Abadi merupakan salah satu pabrik industri yang bergerak dalam bidang pengolahan kulit dimana kulit mentah akan diolah menjadi kulit yang nantinya siap diproses kembali menjadi barang jadi. Mesin produksi yang paling sering mengalami kerusakan adalah mesin shaving. Pemeliharaan dari perusahaan biasanya dilakukan jika terdapat mesin yang mengalami kerusakan berat saja dan tidak mempunyai jadwal pemeliharaan yang tersistematis. Metode rantai markov dapat digunakan untuk menganalisa kemungkinan transisi status mesin di masa yang akan datang dengan melihat kondisi pada masa kini. Terdapat 4 kebijakan pemeliharaan yang diusulkan, yaiu (1) pemeliharaan korektif pada status 4 dan pemeliharaan pencegahan pada status 3, (2) pemeliharaan korekif pada status 3 dan 4 serta pemeliharaan pencegahan pada sttaus 2. (3) pemeliharaan korektif pada status 4 dan pemeliharaan pencegahan pada status 2 dan 3, (4) pemeliharaan korektif pada status 3 dan 4. Dari hasil penelitian terpilih kebijakan pemeliharaan usulan (3) untuk mesin shaving 4 dan 5 serta pemeliharaan usulan (1) untuk mesin shaving 1,2,3,6, dan 7. Total biaya ekspektasi peme liharaan usulan terpilih untuk ketujuh mesin adalah Rp351.768.094 dimana terdapat penghematan sebesar Rp80.298.252,00 atau sebesar 18,58% jika dibandingkan dengan biaya pemeliharaan metode perusahaan. Pemeliharaan mesin dilakukan setiap 29 hari untuk mesin shaving 1, 11 hari untuk mesin shaving 2, 7 hari untuk mesin shaving 3, 4 hari untuk mesin shaving 4, 38 hari untuk mesin shaving 5, 5 hari untuk mesin shaving 6, dan 18 hari untuk mesin shaving 7. Hal ini membuktikan bahwa metode rantai markov dapat mengurangi biaya pemeliharaan dan dapat dijadikan pertimbangan untuk melakukan perencanaan pemeliharaan bagi perusahaan. Kata kunci : kebijakan pemeliharaan, jadwal pemeliharaan, biaya pemeliharaan, rantai markov, mesin shaving

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 14 Feb 2022 06:21
Last Modified: 14 Feb 2022 06:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28366

Actions (login required)

View Item View Item