“PERENCANAAN LUMPUR DAN HIDROLIKA PEMBORAN SUMUR “KRG-008” LAPANGAN “FDM”

MARULI, FERNANDUS DAVID (2022) “PERENCANAAN LUMPUR DAN HIDROLIKA PEMBORAN SUMUR “KRG-008” LAPANGAN “FDM”. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak_113170119_Fernandus David Maruli.pdf]
Preview
Text
Abstrak_113170119_Fernandus David Maruli.pdf

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of Cover_113170119_Fernandus David Maruli.pdf]
Preview
Text
Cover_113170119_Fernandus David Maruli.pdf

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi_113170119_Fernandus David Maruli.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi_113170119_Fernandus David Maruli.pdf

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka_113170119_Fernandus David Maruli.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka_113170119_Fernandus David Maruli.pdf

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan_113170119_Fernandus David Maruli.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan_113170119_Fernandus David Maruli.pdf

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi-Full-Text-113170119-Fernandus-David-Maruli.pdf] Text
Skripsi-Full-Text-113170119-Fernandus-David-Maruli.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

vi
RINGKASAN
Sumur KRG-008 merupakan sumur pengembangan yang terletak di cekungan
Jawa Timur Utara dengan target kedalaman akhir 2903 mMD/ 9524,28 ftMD.
Trayek 20” akan menembus Formasi Wonocolo dan diperkirakan akan menemui
problem berupa swelling dan hole cleaning. Pada trayek 13-3/8” akan menembus
Formasi Wonocolo dan Formasi Ngrayong dan diperkirakan akan menemui
problem berupa sloughing shale, loss circulation, dan hole cleaning. Pada trayek 9-
5/8” akan menembus Formasi Tuban dan diperkirakan akan menemui problem
berupa sloughing shale, loss circulation, hole cleaning dan kick, serta pada trayek
open hole 8-1/2” akan menembus Formasi Kujung dan diperkirakan akan menemui
problem berupa loss circulation. Oleh karena itu untuk mencegah terjadinya
problem pemboran pada Sumur “KRG-008” maka perlu dilakukan perencanaan
lumpur dan hidrolika pemboran yang tepat
Perencanaaan lumpur dan hidrolika pemboran Sumur “KRG-008” diperlukan
data dari sumur referensi “DVD-1”. Perencanaan lumpur dan hidrolika pemboran
pada Sumur “KRG-008” dimulai dengan mengidentifikasi problem yang mungkin
terjadi. Selanjutnya menentukan prediksi tekanan formasi menggunakan metode deksponent dan menentukan tekanan rekah formasi menggunakan metode Hubbert
& Willis. Kemudian dilanjutkan menentukan tekanan hidrostatik lumpur pemboran.
Tahap selanjutnya ialah menentukan jenis, sifat fisik, dan komposisi lumpur yang
akan digunakan serta menghitung volume lumpur yang dibutuhkan di setiap trayek.
Tahap terakhir ialah melakukan perencanaan hidrolika pemboran dengan
menghitung kehilangan tekanan pada sistem sirkulasi serta menghitung tekanan dan
laju pemompaan. Kemudian menghitung kehilangan tekanan pada peralatan
permukaan. Selanjutnya menghitung hidrolika pahat menggunakan metode BHHP
untuk mendapatkan persentase HPb/HPs sebesar 65%. Selanjutnya menghitung
hidrolika pengangkatan serbuk bor yang baik dengan parameter nilai cutting
transport ratio (Ft) ≥ 90%, cutting concentration (Ca) < 5%, dan cutting carrying
index (CCI) diatas 1 yang berarti hole cleaning sudah baik.
Hasil perencanaan lumpur dan hidrolika pemboran yaitu pada trayek 20”
kedalaman 60 – 265 m menggunakan KCL Polymer Mud dengan densitas 9,8 ppg,
PV 16 cp, YP 26 lb/100ft2 dan kedalaman 265 – 408 m densitas 10,8 ppg, PV 16
cp, YP 26 lb/100ft2 dan laju alir optimumnya sebesar 850 gpm. Pada trayek 13-3/8”
kedalaman 408 - 1402 m menggunakan Oil Base Mud dengan densitas 12,1 ppg,
PV 32 cp, YP 26 lb/100ft2 dan laju alir optimumnya sebesar 600 gpm. Pada trayek
9-5/8” kedalaman 1402 - 2684 m menggunakan Oil Base Mud dengan densitas 14,5
ppg, PV 45 cp, YP 35 lb/100ft2 dan laju alir optimumnya sebesar 470 gpm. Pada
trayek Open Hole 8-1/2” kedalaman 2684 - 2903 m menggunakan KCL Polymer
Mud dengan densitas 10 ppg, PV 14 cp, YP 19 lb/100ft2 dan laju alir optimumnya
sebesar 280 gpm. Untuk hidrolika pengangkatan serbuk bor di semua trayek
didapatkan nilai cutting transport ratio (Ft) diatas 90%, cutting concentration (Ca)
dibawah 5% dan cutting carrying index (CCI) diatas 1 yang berarti hole cleaning
sudah baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: problem pemboran pada Sumur
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 14 Feb 2022 03:44
Last Modified: 15 Aug 2022 03:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28355

Actions (login required)

View Item View Item