STUDI FASIES FORMASI TALANGAKAR LAPANGAN “MFS” CEKUNGAN JAWA BARAT UTARA (FACIES STUDY ON TALANGAKAR FORMATION “MFS” FIELD JAWA BARAT UTARA BASIN)

SALIMUDDIN, MUHAMMAD FARHAN (2021) STUDI FASIES FORMASI TALANGAKAR LAPANGAN “MFS” CEKUNGAN JAWA BARAT UTARA (FACIES STUDY ON TALANGAKAR FORMATION “MFS” FIELD JAWA BARAT UTARA BASIN). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
Muhammad Farhan Salimuddin_Draft Skripsi + Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53MB)
[img]
Preview
Text
Muhammad Farhan Salimuddin_Halaman Pengesahan.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muhammad Farhan Salimuddin_Daftar Pustaka.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muhammad Farhan Salimuddin_Daftar Isi.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muhammad Farhan Salimuddin_Cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muhammad Farhan Salimuddin_Abstrak.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Lokasi penelitian Lapangan “MFS” secara administratif terletak pada wilayah Karawang, Jawa Barat. Dari beberapa cekungan yang berada di Jawa, lapangan ini terletak pada Cekungan Jawa Barat Utara yang menurut Nobble (1997) merupakan salah satu penyedia minyak terbesar se-Indonesia. Lapangan “MFS” memiliki sumur berjumlah 18 sumur yang diantaranya hanya terdapat 4 sumur yang memiliki data core. Penelitian dilakukan dengan melakukan analisis persebaran fasies dengan menggunakan data sumur yang meliputi data mudlog, data FMI, data core, data electric log, data checkshot sumur, data velocity model dan seismik 3D. Berdasarkan interpretasi, Formasi Talangakar daerah telitian bagian bawah disusun oleh serpih, serpih organic, batubara, batugamping, dan batupasir, sedangkan untuk bagian atas disusun oleh serpih, batugamping, dan batupasir. Fasies Formasi Talangakar daerah telitian bagian bawah terdiri dari tidal channel, dan tidal flat, sedangkan bagian atas terdiri dari lagoon, barrier, dan offshore. Berdasarkan peta isopach, terlihat bahwa arah pengendapan dari Utara yang ditandai oleh relatif menebal kearah Selatan. Pengendapan pada Formasi Talangakar daerah telitian dikontrol oleh proses retrogradasi yang ditandai dengan perubahan lingkungan pengendapan yang semula materialnya didominasi oleh asal darat menjadi didominasi oleh asal laut. Pada proses trasngresi, suplai sedimen dari darat lebih sedikit daripada penurunan cekungan, sehingga didominasi oleh material asal laut. Kata Kunci: Fasies, Sekuen Stratigrafi, Formasi Talangakar, Cekungan Jawa Barat Utara

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Fasies, Sekuen Stratigrafi, Formasi Talangakar, Cekungan Jawa Barat Utara
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 11 Feb 2022 08:42
Last Modified: 11 Feb 2022 08:42
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28330

Actions (login required)

View Item View Item