PENERAPAN ALGORITMA NEAREST NEIGHBOR UNTUK PENENTUAN JALUREVAKUASI GUNUNG MERAPI SEBAGAI MEDIA TANGGAP BENCANA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI GOOGLE MAPS API BERBASIS WEB (Studi Kasus : Badan Penanggulangan Bencana daerah Sleman)

Abadi, Candra Kharisma (2021) PENERAPAN ALGORITMA NEAREST NEIGHBOR UNTUK PENENTUAN JALUREVAKUASI GUNUNG MERAPI SEBAGAI MEDIA TANGGAP BENCANA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI GOOGLE MAPS API BERBASIS WEB (Studi Kasus : Badan Penanggulangan Bencana daerah Sleman). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
SkripsiFull_CandraKharisma_123140076.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK(IN).pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT(ENG).pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PENGUJI.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Tujuan: Menentukan Jalur Evakuasi tercepat menuju titik evakuasi atau Barak Pengungsian berdasarkan waktu terkecil yang sudah ditentukan oleh Google Maps API dengan membandingkan waktu dari setiap titik yang akan dituju yaitu titik kumpul pertama atau Barak Pengungsian. Perancangan/metode/pendekatan: Menggunakan Metode Nearest Neighbor untuk menentukan Jalur Evakuasi Tercepat Menuju Barak Pengungsian. Hasil: Dari Membandingkan waktu titik kumpul pertama dengan titik kumpul lainnya maka akan mendapatkan waktu tercepat lalu membandingkan waktu titik barak pengungsian maka akan ditemukan jalur evakuasi tercepat yang dituju oleh Driver dan rute akan digambarkan pada maps pada aplikasi. Keaslian/ state of the art: Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya adalah pada bagian metode penentuan jalur dan objek penelitian. Pada metode ini data titik kumpul dan titik barak pengungsian dianalisa lalu dilakukukan proses impor ke database. Kemudian hasil analisa data titik kumpul pertama dan titik barak pengungsian akan diproses menggunakan metode Nearest Neighbor. Output dari sistem ini berupa rute tercepat yang diambil oleh setiap Driver dalam mengevakuasi warga dampak bencana Gunung Merapi. Kata Kunci : Jalur Evakuasi; Google Maps API; Nearest Neighbor; Bencana Gunung Merapi Tujuan: Menentukan Jalur Evakuasi tercepat menuju titik evakuasi atau Barak Pengungsian berdasarkan waktu terkecil yang sudah ditentukan oleh Google Maps API dengan membandingkan waktu dari setiap titik yang akan dituju yaitu titik kumpul pertama atau Barak Pengungsian. Perancangan/metode/pendekatan: Menggunakan Metode Nearest Neighbor untuk menentukan Jalur Evakuasi Tercepat Menuju Barak Pengungsian. Hasil: Dari Membandingkan waktu titik kumpul pertama dengan titik kumpul lainnya maka akan mendapatkan waktu tercepat lalu membandingkan waktu titik barak pengungsian maka akan ditemukan jalur evakuasi tercepat yang dituju oleh Driver dan rute akan digambarkan pada maps pada aplikasi. Keaslian/ state of the art: Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya adalah pada bagian metode penentuan jalur dan objek penelitian. Pada metode ini data titik kumpul dan titik barak pengungsian dianalisa lalu dilakukukan proses impor ke database. Kemudian hasil analisa data titik kumpul pertama dan titik barak pengungsian akan diproses menggunakan metode Nearest Neighbor. Output dari sistem ini berupa rute tercepat yang diambil oleh setiap Driver dalam mengevakuasi warga dampak bencana Gunung Merapi. Kata Kunci : Jalur Evakuasi; Google Maps API; Nearest Neighbor; Bencana Gunung Merapi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jalur Evakuasi; Google Maps API; Nearest Neighbor; Bencana Gunung Merapi
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 08 Feb 2022 07:47
Last Modified: 08 Feb 2022 07:47
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28293

Actions (login required)

View Item View Item