SISTEM PRESENSI MAHASISWA BERBASIS KUIS INTERAKTIF MENGGUNAKAN RESTFUL SERVICE (STUDI KASUS: PRODI INFORMATIKA UPN “VETERAN” YOGYAKARTA)

PRANATA, PRIMA DIAN (2021) SISTEM PRESENSI MAHASISWA BERBASIS KUIS INTERAKTIF MENGGUNAKAN RESTFUL SERVICE (STUDI KASUS: PRODI INFORMATIKA UPN “VETERAN” YOGYAKARTA). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL_PRIMADIANPRANATA_123140215.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan: Dapat mengetahui proses pertukaran dan kesesuaian data dalam proses request data dan response data menggunakan RESTful Service pada sistem presensi mahasiswa berbasis kuis interaktif Perancangan/metode/pendekatan: dalam penelitian ini pembuatan aplikasi menggunakan framework Codeigniter sebagai front end untuk membuat tampilan aplikasi agar dapat digunakan user dengan nyaman. Dan pada back end disini menggunakan teknologi Web service sebagai jembatan komunikasi antar pengguna dalam bentuk service atau layanan. Service disini disediakan dalam bentuk RESTful API, dikarenakan RESTful API merupakan bentuk implementasi web service. Hasil: Hasil dari pengujian yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi Postman berdasarkan skenario yang merupakan proses utama pada sistem didapatkan persentase sebesar 100% bahwa API yang diuji dapat memberikan layanan yang sesuai dari permintaan data dari sisi client. Keaslian/ state of the art: perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya berada pada teknologi yang dan juga objek penelitian yang digunakan. Untuk objek penelitian disini yaitu Prodi Informatika UPN “Veteran” Yogyakarta. Pada penelitian ini sistem diharapkan dapat meningkatkan kejujuran mahasiswa untuk menghindari kecurangan dalam proses presensi oleh mahasiswa lain dan memudahkan dosen dan bagian pengajaran dalam melakukan pendataan presensi mahasiswa. Untuk teknologinya sendiri pada penelitian ini menggunakan framework Codeigniter yang berfungsi sebagai front end untuk membuat tampilan agar lebih nyaman digunakan user dan juga untuk back end disini menggunakan Web service sebagai jembatan komunikasi antar pengguna dalam bentuk service atau layanan. Service disini disediakan dalam bentuk RESTfll API, dikarenakan RESTful API merupakan bentuk implementasi web service. Kata kunci: Presensi, Kuis Interaktif, Web Service, RESTful API.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Presensi, Kuis Interaktif, Web Service, RESTful API.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 08 Feb 2022 07:41
Last Modified: 08 Feb 2022 07:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28292

Actions (login required)

View Item View Item