PENGEMBANGAN KURSI KERJA UNTUK MEMBANTU PENYANDANG DISABILITAS FISIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT BERBASIS ERGONOMI (Studi kasus pada Yayasan Penyandang Cacat Mandiri Yogyakarta)

Bidari, Sekar Arum (2021) PENGEMBANGAN KURSI KERJA UNTUK MEMBANTU PENYANDANG DISABILITAS FISIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT BERBASIS ERGONOMI (Studi kasus pada Yayasan Penyandang Cacat Mandiri Yogyakarta). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
1_TA SEKAR 122160065 LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK SEKAR 122160065.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_COVER SEKAR 122160065.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_LEMBAR PENGESAHAN SEKAR 122160065.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_DAFTAR PUSTAKA SEKAR 122160065.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_DAFTAR ISI SEKAR 122160065.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Yayasan Penyandang Cacat Mandiri (YPCM) merupakan sebuah yayasan yang memfasilitasi penyandang disabilitas agar dapat bekerja. YPCM memiliki sebuah pabrik yang berfokus pada produksi berbahan dasar kayu, seperti meja dan kursi. YPCM memiliki lima stasiun kerja, yaitu pemotongan beasr, penghalusan, pemotongan kecil, perangkaian dan finishing. YPCM memiliki 18 pekerja yang menyandang disabilitas yang berbedabeda. Meskipun pekerjanya merupakan penyandang disabilitas YPCM tetap menggunakan mesin standar yang dioperasikan dengan posisi berdiri. Menurut kuesioner NBM awal yang telah disebarkan, pekerja mengeluhkan rasa sakit yang dialami dibeberapa bagian tubuh akibat dari postur kerja yang kurang nyaman. Penelitian ini menggunakan metode Quality Function Deployment berbasis ergonomi untuk mendapatkan pengembangan rancangan kursi kerja yang ergonomis sesuai dengan antropometri pekerja guna memfasilitasi pekerja pada YPCM. Kursi kerja adalah fasilitas dasar yang dapat membantu meningkatkan kenyamanan dan mengatasi keluhan yang dialami pekerja. Berkurangnya keluhan dan meningkatnya kenyamanan pekerja, dapat meningkatkan output yang dihasilkan. Metode QFD berbasis ergonomi dan perhitungan antropometri mendapatkan sebuah pengembangan rancangan kursi yang memiliki roda untuk memudahkan pergerakan dan tinggi rendah kursi yang dapat disesuaikan dengan mudah berbahan dasar kayu dan plastik dengan dimensi dengan lebar kursi 36 cm sesuai dengan perhitungan antropometri lebar pinggul, panjang alas kursi 43 cm sesuai dengan perhitungan antropometri pantat popliteal, tinggi sandaran kursi 57 cm sesuai dengan perhitungan antropometri lebar bahu, dan tinggi kursi maksimal 51 cm. Kata kunci: Ergonomi, Quality Function Deployment (QFD), YPCM, Antropometri

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ergonomi, Quality Function Deployment (QFD), YPCM, Antropometr
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 08 Feb 2022 04:45
Last Modified: 08 Feb 2022 04:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28281

Actions (login required)

View Item View Item