KAJIAN PENERAPAN PUPUK UREA TERHADAP BEBERAPA SIFAT KIMIA TANAH ANDOSOL DAN LATOSOL PADA PERKEBUNAN TEH PT PAGILARAN JAWA TENGAH

Mariyani, Mariyani (2020) KAJIAN PENERAPAN PUPUK UREA TERHADAP BEBERAPA SIFAT KIMIA TANAH ANDOSOL DAN LATOSOL PADA PERKEBUNAN TEH PT PAGILARAN JAWA TENGAH. Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (453kB) | Preview

Abstract

Tanaman teh di PT Pagilaran tumbuh pada jenis tanah Andosol dan Latosol dengan kadar N-total tanah tergolong rendah. Penambahan N dalam bentuk urea berpotensi mempengaruhi beberapa sifat kimia tanah termasuk pH H2O. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dosis pupuk N terhadap sifat kimia tanah dan produksi pucuk teh pada jenis tanah yang berbeda. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan 2 faktor. Faktor pertama yaitu jenis tanah yang terdiri dari dua aras; Andosol (T1) dan Latosol (T2). Faktor kedua yaitu dosis pupuk N, terdiri dari 5 aras; Kontrol (N0), 8 gr N/tanaman setara dengan 70 kg N/ha (N1), 16 gr N/tanaman setara dengan 140 kg N/ha (N2), 24 gr N/tanaman setara dengan 210 kg N/ha (N3), 32 gr N/tanaman setara dengan 280 kg N/ha (N4). Parameter penelitian meliputi pH H2O, bahan organik, N-total, Ketersediaan P dan besarnya produksi pucuk teh. Data dianalisis keragamannya dengan Analysis of Variance (ANOVA) dan diuji lebih lanjut dengan Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan urea berpengaruh nyata terhadap pH H2O, kadar N-total, dan produksi pucuk teh. Faktor jenis tanah memberikan hasil yang berbeda nyata terhadap kadar N-total tanah namun tidak terdapat interaksi antara kedua faktor. Dosis 32 gr N/tanaman (N4) memberikan hasil tertinggi dalam meningkatkan N-total tanah yaitu sebesar 0,13% untuk tanah Andosol dan 0,07% untuk tanah Latosol. Dosis 32 gr N/tanaman (N4) juga mampu meningkatkan produksi pucuk teh sebesar 5.328 kg/ha/tahun pada tanah Andosol dan 9.504 kg/ha/tahun pada tanah Latosol. Kata Kunci : Andosol, Dosis Nitrogen, Latosol, Sifat Kimia Tanah, Teh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Andosol, Dosis Nitrogen, Latosol, Sifat Kimia Tanah, Teh.
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 03 Feb 2022 03:40
Last Modified: 03 Feb 2022 03:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28167

Actions (login required)

View Item View Item