ANALISA PERSEBARAN ENDAPAN MANGAN MENGGUNAKAN METODE INDUKSI POLARISASI KONFIGURASI DIPOLE-DIPOLE PADA LAPANGAN “ERANGEL”, KABUPATEN SOLOK, PROVINSI SUMATERA BARAT

Hutajulu, Douglas (2021) ANALISA PERSEBARAN ENDAPAN MANGAN MENGGUNAKAN METODE INDUKSI POLARISASI KONFIGURASI DIPOLE-DIPOLE PADA LAPANGAN “ERANGEL”, KABUPATEN SOLOK, PROVINSI SUMATERA BARAT. Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi_Douglas Hutajulu_115150004.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text
Full SKripsi_Douglas H.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
Abstrak_Douglas Hutajulu_115150004.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Indonesia sebagai negara agraris yang memiliki kekayaan akan sumber daya alam termasuk mangan dan salah satunya berada di Provinsi Sumatera Barat. Daerah ini memiliki sumber cadangan yang potensial sekitar 100 ton. Selain itu juga didaerah penelitian ini mangan terbentuk bersama dengan terbentuknya endapan bijih besi. Seiring banyaknya permintaan akan mangan semakin banyak eksplorasi sehingga diperlukan penyelidikan persebaran mangan bawah permukaan. Penyelidikan dengan metode geofisika yaitu metode Induksi Polarisasi. dikarenakan metode ini mampu mendeteksi adanya kandungan logam termasuk mangan yang berasosiasi dengan bijih besi. Sedangkan resisitivitas digunakan untuk mendeteksi intrusi granit. Pengukuran ini menggunakan konfigurasi dipoledipole dengan 21 lintasan dimana dibagi menjadi 6 area dengan arah lintasan bervariasi. Tiap lintasan memiliki panjang rata-rata 200 meter dengan spasi 10 meter. Hasil penelitian dengan metode induksi polarisasi terdapat 3 jenis batuan yaitu soil dengan nilai resistivitas kurang dari 43 Ohm.m, granit dengan dengan nilai resistivitas lebih dari 300 ohm.m, dan juga mangan dengan nilai chargeabiltas lebih dari 16 msec. Menurut model 2D persebaran mangan berada di 8 lintasan. Sedangkan menurut model 3D dan peta area penelitian persebaran mangan yang berasosiasi dengan bijih besi berada disebelah tenggara dari penelitian. Berdasarkan metode perhitungan sumberdaya diperoleh potensi sumberdaya mangan sebesar 556021,18 ton. Kata Kunci : Induksi Polarisasi, Resisitivitas, Chargeabilias, Mangan, Granit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Induksi Polarisasi, Resisitivitas, Chargeabilias, Mangan, Granit.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 03 Feb 2022 03:32
Last Modified: 03 Feb 2022 03:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28160

Actions (login required)

View Item View Item