PENGARUH TERPAAN ARTIKEL ARTIS KOREA DI INTERNET TERHADAP SIKAP DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN TABLOID ASIANPLUS DI KALANGAN SISWI SEKOLAH MENENGAH ATAS (Studi Pada Siswi Penghuni Asrama SMA Stella Duce 1 Samirono Yogyakarta)

John, Clarisa Velma (2011) PENGARUH TERPAAN ARTIKEL ARTIS KOREA DI INTERNET TERHADAP SIKAP DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN TABLOID ASIANPLUS DI KALANGAN SISWI SEKOLAH MENENGAH ATAS (Studi Pada Siswi Penghuni Asrama SMA Stella Duce 1 Samirono Yogyakarta). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

xviii
ABSTRAK
Korean Wave
telah memberikan beberapa perubahan
dalam industri hiburan
di beberapa negara Asia, termasuk Indonesia. Acara musik
di Indonesia
sudah
banyak menampilkan musik
-
musik Korea (K
-
pop). Saat ini sudah banyak
bermunculan
boyband
dan
girlband
Indonesia yang teri
n
spirasi dari
boyband
dan
girlband
Korea yang sedang digandrungi oleh anak muda. Kesukaan terhadap
artis Korea membuat anak muda ingin mengetahui lebih banyak tentang artis
tersebut dengan mencari di internet atau membaca di tabloid yang khusus
membahas artis
-
artis Asia, termasuk Korea.
Tu
juan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh terpaan artikel tentang artis Korea di internet
terhadap sikap dan keputusan pembelian tabloid AsianPlus di kalangan siswa
Sekolah Menengah Atas (SMA) Stella Duce 1 Yogyakarta
.
Penelitian ini
mengg
unakan teori S
-
O
-
R
. Teori lain yang digunakan adalah Teori Informasi,
Teori Sikap mengenai
Hedonic Experiental Model
dan Teori Keputusan
Pembelian
.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah kuesioner dan observasi di lokasi
penelitian sebagai data pendukung penelitian. Penelitian dilakukan di Asrama
Stella Duce 1 Yogyakarta.
Populasi p
enelitian berjumlah 120 siswa.
Sampel
berjumlah 120 siswa dengan menggunakan t
eknik sampling jenuh.
Hasil dari
penelitian ini
menunjukan bahwa korelasi antara terpaan artikel tentang artis
Korea di Internet terhadap keputusan pembelian tabloid AsianPlus di kalangan
siswi SMA Stella Duce 1 Yogyakarta sebesar 74,6%. Setelah dipengaruh
i oleh
sikap
hedonic
maka korelasi antara terpaan artikel tentang artis Korea si internet
terhadap keputusan pembelian tabloid AsianPlus menurun menjadi 44,7%.
Pengaruh terpaan artikel tentang artis Korea di internet terhadap sikap dan
keputusan pembelian
tabloid AsianPlus sebesar 62,5%
xix
ABSTRACT
Korean wave has given some changes in entertainment industry in several
countries South East Asian countries, including Indonesia. Music shows in
Indonesia have showing K
orean music (k
-
pop). Nowadays there are a lot of pop
boyband and girlband Indonesia inspired by Korean boyband and girlband that are
liked by many young children.
Liking for the young Korean artists make want to
know more about the artist by searching on t
he internet or read in the tabloids
devoted to artists of Asia, including Korea.
The purpose of this research is
determining the effect of exposure to an article about Korean artist in the internet
of the attitude and purchase decision of AsianPlus Tabloid
among Stella Duce 1
high school students in Yogyakarta.
This research uses the theory of S
-
O
-
R as the
main theory. Another theory used are Information Theory, Theory of Hedonic
Experiential Model and the Theory of Purchasing Decision. Type of research of
this research is quantitative research. Collection data techniques used in this
research are questionnaire and observation at the research site as the supporting
data. This research has done at the dormitory o
f Stella Duce 1 Yogyakarta.
Size
of
population
was
120 students.
Size
of sample was 120 students by using
saturated
samplin
g technique
.
The result of this research shows that the correlation between
the effects of exposure to an article about Korean artist on the internet
and
purchasing decision of AsianPlus tabloid
are 74,6%. After the influence of
hedonic attitude
towards
the correlation between
the effects of exposure to an
article about Korean artist on the internet
and
purchasing decision of AsianPlus
tabloid
has decrese to 44,7%.
The effects of exposure to an article about Korean
artist on the internet to hedonic attitude and purchasing decision of AsianPlud
tabloid at 62,5%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 01 Jun 2016 07:05
Last Modified: 01 Jun 2016 07:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/2814

Actions (login required)

View Item View Item