PENGARUH TERPAAN ARTIKEL ARTIS KOREA DI INTERNET TERHADAP SIKAP DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN TABLOID ASIANPLUS DI KALANGAN SISWI SEKOLAH MENENGAH ATAS (Studi Pada Siswi Penghuni Asrama SMA Stella Duce 1 Samirono Yogyakarta)

John, Clarisa Velma (2011) PENGARUH TERPAAN ARTIKEL ARTIS KOREA DI INTERNET TERHADAP SIKAP DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN TABLOID ASIANPLUS DI KALANGAN SISWI SEKOLAH MENENGAH ATAS (Studi Pada Siswi Penghuni Asrama SMA Stella Duce 1 Samirono Yogyakarta). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

xviii ABSTRAK Korean Wave telah memberikan beberapa perubahan dalam industri hiburan di beberapa negara Asia, termasuk Indonesia. Acara musik di Indonesia sudah banyak menampilkan musik - musik Korea (K - pop). Saat ini sudah banyak bermunculan boyband dan girlband Indonesia yang teri n spirasi dari boyband dan girlband Korea yang sedang digandrungi oleh anak muda. Kesukaan terhadap artis Korea membuat anak muda ingin mengetahui lebih banyak tentang artis tersebut dengan mencari di internet atau membaca di tabloid yang khusus membahas artis - artis Asia, termasuk Korea. Tu juan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terpaan artikel tentang artis Korea di internet terhadap sikap dan keputusan pembelian tabloid AsianPlus di kalangan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Stella Duce 1 Yogyakarta . Penelitian ini mengg unakan teori S - O - R . Teori lain yang digunakan adalah Teori Informasi, Teori Sikap mengenai Hedonic Experiental Model dan Teori Keputusan Pembelian . Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan observasi di lokasi penelitian sebagai data pendukung penelitian. Penelitian dilakukan di Asrama Stella Duce 1 Yogyakarta. Populasi p enelitian berjumlah 120 siswa. Sampel berjumlah 120 siswa dengan menggunakan t eknik sampling jenuh. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa korelasi antara terpaan artikel tentang artis Korea di Internet terhadap keputusan pembelian tabloid AsianPlus di kalangan siswi SMA Stella Duce 1 Yogyakarta sebesar 74,6%. Setelah dipengaruh i oleh sikap hedonic maka korelasi antara terpaan artikel tentang artis Korea si internet terhadap keputusan pembelian tabloid AsianPlus menurun menjadi 44,7%. Pengaruh terpaan artikel tentang artis Korea di internet terhadap sikap dan keputusan pembelian tabloid AsianPlus sebesar 62,5% xix ABSTRACT Korean wave has given some changes in entertainment industry in several countries South East Asian countries, including Indonesia. Music shows in Indonesia have showing K orean music (k - pop). Nowadays there are a lot of pop boyband and girlband Indonesia inspired by Korean boyband and girlband that are liked by many young children. Liking for the young Korean artists make want to know more about the artist by searching on t he internet or read in the tabloids devoted to artists of Asia, including Korea. The purpose of this research is determining the effect of exposure to an article about Korean artist in the internet of the attitude and purchase decision of AsianPlus Tabloid among Stella Duce 1 high school students in Yogyakarta. This research uses the theory of S - O - R as the main theory. Another theory used are Information Theory, Theory of Hedonic Experiential Model and the Theory of Purchasing Decision. Type of research of this research is quantitative research. Collection data techniques used in this research are questionnaire and observation at the research site as the supporting data. This research has done at the dormitory o f Stella Duce 1 Yogyakarta. Size of population was 120 students. Size of sample was 120 students by using saturated samplin g technique . The result of this research shows that the correlation between the effects of exposure to an article about Korean artist on the internet and purchasing decision of AsianPlus tabloid are 74,6%. After the influence of hedonic attitude towards the correlation between the effects of exposure to an article about Korean artist on the internet and purchasing decision of AsianPlus tabloid has decrese to 44,7%. The effects of exposure to an article about Korean artist on the internet to hedonic attitude and purchasing decision of AsianPlud tabloid at 62,5%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 01 Jun 2016 07:05
Last Modified: 01 Jun 2016 07:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/2814

Actions (login required)

View Item View Item