Penerapan Pelayanan Satu Pintu Untuk Penerbitan Surat Tugas Dekan dengan Menggunakan Sistem Online di Lingkungan Fakultas Teknologi Mineral Melalui Aplikasi Web Site Sistem Surat Online (SETO) FTM

Dwinagara, Barlian and Bintarto, Bambang and Suharyadi, Heru (2020) Penerapan Pelayanan Satu Pintu Untuk Penerbitan Surat Tugas Dekan dengan Menggunakan Sistem Online di Lingkungan Fakultas Teknologi Mineral Melalui Aplikasi Web Site Sistem Surat Online (SETO) FTM. Teknik Pertambangan UPN Veteran Yogyakarta, Yogyakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
21. Penilaian_HaKI_Buku Panduan Penerapan Pelayanan Satu Pintu (SETO).pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Sistem berarti bahwa pada sekumpulan individu yang saling bekerja bersama-sama secara teratur dengan fungsi dan tujuan yang sama yaitu mencapai suatu keputusan /mencapai satu tujuan yang diharapkan. Sedangkan informasi adalah hasil dari pengolahan data sehingga lebih bermanfaat dan memiliki arti bagi penggunanya untuk mengurangi keraguan pada saat pengambilan keputusan pada suatu keadaan tertentu. Jadi, secara umum sistem informasi ini dapat diartikan sebagai perangkat lunak (software) yang dapat membantu menganalisa dan mengelola data. Tujuan sistem informasi itu sendiri adalah untuk merubah data mentah menjadi informasi yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan pada sebuah organisasi. Selain itu, sistem informasi juga merupakan komponen terpadu yang bertugas menghimpun, merekam, dan memproses data kemudian menyediakan informasi, pengetahuan, dan produk berupa digital. Berikut terdapat beberapa komponen sistem informasi, yaitu (Sutabri, 2012): 1. Komponen Input, yaitu setiap data yang menjadi masukan sistem informasi. 2. Komponen Model, yaitu gabungan antara logika, prosedur, dan model matematika yang melakukan proses data yang ada pada database dengan cara yang telah ditentukan sebelumnya sehingga menghasilkan keluaran yang diharapkan3. Komponen Output, yaitu keluaran berupa informasi yang berguna dan memiliki kualitas serta dokumentasi yang bermanfaat untuk seluruh level manajemen maupun seluruh pengguna sistem. 4. Komponen Teknologi, yaitu keseluruhan alat yang digunakan sistem informasi untuk menerima masukan, memodelkan, merekam, mengakses, menghasilkan dan mengirimkan keluaran serta memonitor pengendalian sistem. 5. Komponen Basis Data, yaitu sekumpulan data yang saling berhubungan satu dan lainmya yang tersimpan dalam media penyimpanan komputer menggunakan perangkat lunak database. 6. Komponen Kontrol, yaitu kontrol yang didesain untuk menangani permasalahan atau kendala terhadap sistem informasi. Berdasarkan uraian diatas, dalam rangka peningkatan mutu layanan di FTM kaitannya dengan Pengajuan Surat Tugas dekan, mealui Proposal ini mencoba untuk membuat sistem satu pintu menggunakan sistem online melalui website Sistem Surat Online (SETO) FTM, yang dibuat untuk mempermudah sistem pengajuan Surat Tugas Dekan dan Izin Perjalan.

Item Type: Other
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: DR. Ir. MT BARLIAN DWINAGARA
Date Deposited: 09 Feb 2022 09:09
Last Modified: 09 Feb 2022 09:31
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28122

Actions (login required)

View Item View Item