Estimasi Cadangan Endapan Bauksit Menggunakan Metode Ordinary Kriging Pada Blok Mungguk Ruai PT. Dinamika Sejahtera Mandiri Kecamatan Toba Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat

Winarno, Eddy and Dwinagara, Barlian and Dijulianto, Sigit (2020) Estimasi Cadangan Endapan Bauksit Menggunakan Metode Ordinary Kriging Pada Blok Mungguk Ruai PT. Dinamika Sejahtera Mandiri Kecamatan Toba Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat. Teknik Pertambangan UPN Veteran Yogyakarta, Yogyakarta. (Unpublished)

Full text not available from this repository.

Abstract

PT. Dinamika Sejahtera Mandiri (DSM) adalah salah satu perusahaan pertambangan bauksit di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Kegiatan penambangan dilakukan dengan sistem tambang terbuka. PT. DSM memiliki IUP ( Izin Usaha Pertambangan) seluas 11.178,69 ha. Pada penelitian ini akan dilakukan estimasi cadangan endapan bauksit dengan menggunakan metode Ordinary Kriging ( OK ) pada blok Mungguk Ruai di wilayah IUP PT. DSM. Estimasi dilakukan pada kadar A12O3, SiO2, dan ketebalan bauksit pada blok Mungguk Ruai. Dalam variogram, variable ketebalan bauksit menggunakan model spherical, sedangkan pada variable A12O3 dan SiO2 menggunakan model exponential. Hasil dari estimasi cadangan berdasarkan hasil estimasi variable menggunakan metode OK dengan ukuran blok 25 m x 25 m diperoleh sebesar 680.442 ton bauksit dengan nilai kadar A12O3 rerata sebesar 50,8376 % dan kadar SiO2 rerata sebesar 1,9553%. Diketahui juga bahwa kualitas endapan bauksit terlihat sangat bagus pada bagian utara blok Mungguk Ruai ini, sedangkan pada bagian tengah blok Mungguk Ruai justru memiliki kualitas endapan bauksit yang lebih rendah dibanding lokasi lainnya.

Item Type: Other
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: DR. Ir. MT BARLIAN DWINAGARA
Date Deposited: 09 Feb 2022 09:06
Last Modified: 09 Feb 2022 09:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28103

Actions (login required)

View Item View Item