IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA PETA PARIWISATA DI YOGYAKARTA

Yudhanto, Galih Haryo (2022) IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA PETA PARIWISATA DI YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA(2).pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA(2).pdf

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FULL-GalihHaryoYudhanto-123140149-Informatika.pdf] Text
SKRIPSI-FULL-GalihHaryoYudhanto-123140149-Informatika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Saat ini teknologi komputer dan multemedia telah berkembang sangat pesat, salah
satunya yaitu teknologi augmented reality yang menyatukan antara dunia nyata dan dunia
visual. Meskipun perkembangannya telah berada di berbagai bidang namun perkembangan
pada bidang promosi pariwisata untuk meberikan informasi kepada wisatawan masih belum
maksimal (Ariawan D.R. and M.S. Noval, 2018).
Penelitian ini mengimplementasikan teknologi augmented reality untuk memberikan
informasi visual 3D kepada wisatawan yang dapat digunakan untuk media informasi
pariwisata di Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak
(software) ini adalah Guidelines for Rapid Application Engineering (GRAPPLE) yang
meliputi Requirements Gathering, Analysis, Design, Development serta Deploymen(J.
Schmuller, 2004), yang bertujuan untuk menghasilkan sistem berorientasi objek dalam waktu
yang singkat tanpa mengurangi kualitas sistem yang dibangun. Aplikasi peta pariwisata di
Yogyakarta dengan menggunakan teknologi Augmented Reality.
Berdasarkan hasil pengujian diperoleh bahwa aplikasi berjalan sesuai dengan
perancangan dan kebutuhan fungsioanal. Berdasarkan hasil pengujian kompatibilitas
perangkat keras, aplikasi dapat berjalan pada smartphone Android minimal versi 8.1
Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya adalah pada bagian metode penelitian
yang digunakan. Metode ini merupakan pemodelan proses pengembangan perangkat lunak
dengan menitik beratkan pada aksi-aksi yang dilakukan pada sejumlah tahapan, dimana setiap
tahapan akan menghasilkan produk kerja (output) dengan bentuk yang berorientasi objek.
Output dari sistem ini berupa aplikasi peta pariwisata di Yogyakarta dengan teknologi
Augmented Reality.
Kata Kunci : augmented reality, pariwisata yogyakarta, GRAPPLE

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: augmented reality, pariwisata yogyakarta, GRAPPLE
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 31 Jan 2022 07:04
Last Modified: 28 Feb 2024 04:36
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28102

Actions (login required)

View Item View Item