ANALISA ARTIFICIAL LIFT SELECTION BERDASARKAN EVALUASI KETEKNIKAN & KEEKONOMIAN DENGAN PERHITUNGAN NET REVENUE SUMURAN DI LAPANGAN AD

DARONI, AFWAN (2021) ANALISA ARTIFICIAL LIFT SELECTION BERDASARKAN EVALUASI KETEKNIKAN & KEEKONOMIAN DENGAN PERHITUNGAN NET REVENUE SUMURAN DI LAPANGAN AD. Masters thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
Full Tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

Lapangan AD merupakan lapangan tua dengan mayoritas sumurnya menggunakan sucker rod pump. Hal tersebut menimbulkan permasalahan sumur, yakni akibat masalah pompa bocor, sucker rod aus/putus, dan masalah tubing bocor akibat friksi dengan sucker rod. Salah satu cara untuk menanggulangi masalah tersebut adalah dengan melakukan konversi artificial lift pada sumur kajian, yakni sumur KWG-022T, KWG-028, KWG-055, KWG-071, KWG-072, KWG-P04, KWG-P08, KWG-P17, KWG-P18, dan KWG-PHz3 di Lapangan AD. Skrining artificial lift selection dilakukan dengan tahap evaluasi keteknikan dan tahap evaluasi keekonomian. Evaluasi keteknikan dilakukan dengan skoring setiap sumur terhadap matriks dari beberapa parameter, yakni lokasi sumur, tipe sumur, kedalaman sumur, laju produksi, sand handling, paraffin handling, scale handling. Persentase kesesuaian analisa keteknikan sumur terhadap masing-masing metode adalah untuk ESP sebesar 20%, PCP sebesar 60%, dan HPU sebesar 20%. Tahap evaluasi keekonomian dilakukan dengan menghitung net revenue proyeksi dan profitability index (PI). Persentase kesesuaian analisa keekonomian untuk ESP sebesar 40%, PCP sebesar 20%, dan HPU sebesar 40%. Desain HPU yang digunakan yakni stroke length besar di atas 100 in dan SPM rendah di bawah 6 untuk meminimalkan friksi sucker rod dengan tubing. Pompa ESP yang digunakan yakni IND1300 dan IND400 sesuai kapasitas produksi sumur. Pompa PCP yang digunakan disesuaikan dengan laju produksi sumur, yakni PCP 400-4100 OB DE. Hasil runlife pada semua sumur yang dilakukan konversi mengalami perbaikan, seperti pada ESP KWG-P08 meningkat hingga hampir 10 kali lipat dari sebelumnya. Perbaikan runlife terbesar pada sumur HPU KWG-055 yang naik hingga 5 kali lipat. Kenaikan runlife untuk sumur PCP masih belum signifikan sehingga masih perlu diobservasi lebih lanjut. Nilai Profitability Index seluruh sumur juga lebih dari 1 yang mengindikasikan bahwa konversi artificial lift ekonomis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 28 Jan 2022 07:16
Last Modified: 28 Jan 2022 07:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28052

Actions (login required)

View Item View Item