ALGORITMA SUPPORT VECTOR REGRESSION (SVR) DENGAN PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (PSO) UNTUK MEMPREDIKSI INDEKS POLUSI UDARA DI KOTA YOGYAKARTA

Muhammad, Adfanizar (2021) ALGORITMA SUPPORT VECTOR REGRESSION (SVR) DENGAN PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (PSO) UNTUK MEMPREDIKSI INDEKS POLUSI UDARA DI KOTA YOGYAKARTA. Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI ADFANIZAR MUHAMMAD 123160151.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Pembimbing.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Pembimbing.pdf

Download (427kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Polusi udara memiliki dampak langsung bagi kesehatan manusia. Diantaranya dapat menyebabkan alergi peradangan dan eksaserbasi asma akut. Salah satu contoh penyebab polusi udara ialah polutan karbon monoksida (CO) yang di keluarkan oleh kendaraan bermotor. Polutan CO merupakan gas yang sangat beracun yang berdampak pada kesehatan manusia. Ketika senyawa CO ini terhirup oleh seseorang, jumlah Oksigen (O2) didalam tubuh akan berkurang dan jumlah CO akan meningkat yang dapat mengalami sesak napas, pingsan, bahkan kematian, sehingga topik tersebut menjadi permasalahan pada penelitian ini. Tahap awal yang dilakukan pada penelitian ini yaitu melakukan analisis data konsentrasi polutan udara Yogyakarta yang diawali dengan menghitung korelasi antar data polutan udara dengan faktor meteorologi. Kemudian melakukan preprocessing untuk menginisialisasikan nilai awal data, memilih jumlah fitur dan normalisasi data. Setelah tahap analisis, maka dilakukan perhitungan regresi untuk membandingkan nilai prediksi dan nilai aktual menggunakan metode Support Vector Regression dengan optimasi parameter Particle swarm optimization dan tanpa optimasi parameter. Pada penelitian ini, konsentrasi polutan yang di prediksi meliputi data konsentrasi polutan karbon monoksida (CO), sulfur dioksida (SO2), Particulate matter (PM10), Ozon (O3), Nitrogen dioksida (NO2) dan faktor meteorologi suhu udara, tekanan udara, kelembaban, kecepatan angin, arah angin, radiasi solar dan curah hujan. Prediksi yang dilakukan menggunakan metode Support Vector Regression setelah analisis dilakukan mendapatkan nilai error MAPE terbaik 0.218 dan MAE sebesar 5.32. Kata kunci: Prediksi, Polusi Udara, Support Vector Regression, Particle Swarm Optimization.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Prediksi, Polusi Udara, Support Vector Regression, Particle Swarm Optimization.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 28 Jan 2022 07:02
Last Modified: 28 Jan 2022 07:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28050

Actions (login required)

View Item View Item