i Pengaruh Terpaan Iklan Operator Selular di Televisi terhadap Loyalitas Konsumen ( Survey terhadap Warga RW 09 Kadipaten Wetan Yogyakarta)

Dewanto, Anggoro Wahyu (2012) i Pengaruh Terpaan Iklan Operator Selular di Televisi terhadap Loyalitas Konsumen ( Survey terhadap Warga RW 09 Kadipaten Wetan Yogyakarta). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Iklan operator seluler ditelevisi sa at ini sangat banyak dengan berbagai macam sisi kreatif dalam penyajiannya. Kr eatifitas dalam penya jian iklan provider tidak jarang sampai melanggar etika dalam beriklan. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh iklan op erator seluler ditelevisi terhadap loyalitas konsumen. Konsumen operator se luler yang terdiri dari berbagai umur, pekerjaan, tingkat sosial, pendapatan te ntu saja mempunyai perbedaan dalam menyikapi iklan-iklan operator seluler yang ada. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-R dan Jarum Hipodermik. Teori S-R dan jarum hi podermik beranggapan bahwa komponen- komponen komunikasi (komunikan, pe san, media) amat kuat dalam mempengaruhi komunikan. Jenis penelitian yang dilakukan adal ah kuantitatif dengan menggunakan metode survei yang mengambil sampel sebanyak 69 responden dari warga RW 09 Kadipaten Wetan Yogyakarta. Peneliti mem ilih daerah tersebut sebagai daerah penelitian dikarenakan disana merupa kan daerah yang mempunyai masyarakat majemuk, dilihat dari umur, asal, ekonomi , status social yang saya rasa unsur- unsur kemajemukan tersebut berpengaruh te rhadap loyalitas. Te knik analisis yang dipakai adalah analisis product moment dan analisis regresi sederhana dengan program SPSS V. 15.0. for windows Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terpaan iklan provider ditelevisi mempunyai pengaruh terhadap loyalitas konsumen. Berdasarkan nilai determinasi (R²/R Square ) adalah 0,210. Hal ini menyatakan 21% perilaku loyalitas konsumen dapat dijelask an oleh pengaruh terpaan iklan provider di televisi. Hasil korelas i product moment didapat r hitung sebesar 0,418 lebih besar dari r tabel 0,235. Jadi dapat d itarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel pengaruh terpaan iklan operator seluler di televisi terhadap loyalitas konsum en pada warga RW 09 Kadipaten Wetan Yogyakarta. Hal tersebut membuktikan ba hwa hipotesis H1 dalam penelitian ini dapat diterima. ABSTRACT Nowadays, there are many mobile phone network operators’ ads in television that are presented in very creat ive ways. The creativity in presenting the ads of mobile phone network operators quite often breaks the advertisement ethics. This study is particularly aime d to reveal the impact of mobile phone network operators’ ads in television to the consumers’ loyalty. Consumers of mobile phone network operators come from various age, occupati on, social strata, and income, which influence their reaction towards the ads. Theories employed in this study are the S-R theory and Hypodermic Needle theory. Those theories argue that communication component, which consists of the communicant, message, and media, are very strong in influencing the communicants. This study is categorized as quantit ative and applied survey method. The sample was 69 respondents that are th e residents of RW 09 Kadipaten Wetan Yogyakarta. The location was chosen to conduct the research because of the diversity in age, clan, economic status, soci al status of the re sidents. The writer argues that the diversity a ffects the loyalty of the re sidents to theirmobile phone network operators. The analysis technique s employed in this study were moment product analysis and simple regr ession analysis, using SPSS V. 15.0 for windows program. The study finds that the attack of mobile phone network operators’ ads in television affect the consumers’ loyalty. Determination number (R 2 /R Square ) is 0.210, which means that 21% of consumers’ loyalty behavior can be explained by the influence of the attack of mobile phone network ope rators’ ads in television. The result of moment product correlation is that r counted (0.418) is greater than r table (0.235). It can be concluded that th ere is a positive and significant relation between the impacts of mobile phone networ k operators’ ads in television to the loyalty of consumers in RW 09 Kadipate n Wetan Yogyakarta. The findings show that H1 hypothesis in this study is acceptable.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 01 Jun 2016 04:56
Last Modified: 01 Jun 2016 04:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/2794

Actions (login required)

View Item View Item