PERAN KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM PELESTARIAN ADAT ISTIADAT JALAWASTU (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Kampung Budaya Jalawastu, Kabupaten Brebes)

Azahra, Azura Aulia (2021) PERAN KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM PELESTARIAN ADAT ISTIADAT JALAWASTU (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Kampung Budaya Jalawastu, Kabupaten Brebes). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP AZURA AULIA AZAHRA_PERAN KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM PELESTARIAN ADAT ISTIADAT JALAWASTU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI_AZURA AULIA AZAHRA_153170021.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI_AZURA AULIA AZAHRA_153170021.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI SKRIPSI_AZURA AULIA AZAHRA_153170021.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI_AZURA AULIA AZAHRA_153170021.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI SKRIPSI_AZURA AULIA AZAHRA_153170021.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI_AZURA AULIA AZAHRA_153170021.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI_AZURA AULIA AZAHRA_153170021.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Di Kabupaten Brebes terdapat masyarakat tradisional yang masih menjaga kelestarian adatnya hingga kini, yaitu masyarakat Jalawastu. Mereka merupakan masyarakat penganut Sunda Wiwitan, sebuah kepercayaan masyarakat tradisional Sunda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran komunikasi kelompok dalam pelestarian adat istiadat di Jalawastu. Penelitian deskriptif kualitatif ini dianalisis menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi kelompok merupakan wadah bagi semua individu di Jalawastu untuk berkomunikasi, baik itu komunikasi sesama tokoh adat, komunikasi antarwarga, dan komunikasi tokoh adat dengan masyarakat. Komunikasi kelompok yang dilakukan oleh Lembaga Adat dan masyarakat melalui fungsi hubungan sosial, pendidikan, persuasi, dan bagaimana dalam memecahkan masalah serta mengambil keputusan, memiliki peran dalam upaya pelestarian adat istiadat di Jalawastu. Setiap individu yang ada di Dukuh Jalawastu memiliki kesadaran bahwa dirinya merupakan bagian dari Masyarakat Adat Jalawastu. Pengetahuan dan wawasan mereka akan nilai Sunda Wiwitan juga sangat baik. Semua masyarakat Jalawastu paham akan tanggung jawab mereka bersama, yaitu melestarikan adat istiadat. Mereka saling bekerja sama dan berkoordinasi dalam upaya melestarikan adat. Karena keberhasilan peran komunikasi kelompok dalam mempertahankan adat istiadat, masyarakat Jalawastu menjadi masyarakat tradisional yang fleksibel, di mana mereka bisa beradaptasi dan menerima kebudayaan baru, namun dengan tetap mempertahankan dan melestarikan adat istiadat. Kata Kunci: Komunikasi Kelompok, Adat Istiadat, Masyarakat Adat Jalawastu

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Kelompok, Adat Istiadat, Masyarakat Adat Jalawastu
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 18 Jan 2022 07:58
Last Modified: 18 Jan 2022 07:58
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/27818

Actions (login required)

View Item View Item