GUNAWAN, A. HENDRY (2012) PENGARUH TAGLINE ”ONE HEART” DALAM IKLAN TELEVISI SEPEDA MOTOR HONDA TERHADAP BRAND AWARNESS (Studi pada Mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2006). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRAK1.pdf Download (21kB) | Preview |
Abstract
xv
ABSTRAK
Penggunaan
tagline
dalam iklan TV merupakan hal yang sudah lazim dan
jamak dilakukan, diharapkan dengan
tagline
tersebut mampu memberikan kesan
mendalam yang mudah diingat dalam benak konsumen. Kesan yang timbul pada
konsumen diharapkan mampu mengingat pesan maupun informasi yang
disampaikan melalui iklan tersebut baik si
nopsis cerita, alur cerita, adegan demi
adegan, dan hal menarik lainnya dalam iklan tersebut. Iklan yang memberikan
pengalaman dan kesan kepada pemirsa (
audiance
) diharapkan mampu
meningkatkan
brand awareness.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh
tagline ‘one heart’
pada iklan televivi dalam meningkatkan
Brand Awareness
Honda (
Studi pada Mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta Jurusan Ilmu
Komunikasi Angkatan 2006). Dalam penelitian ini dirumuskan hipotesis sebagai
berikut, Terdapat
pengaruh yang signifikan persepsi
tagline
”
One Heart
” dalam
iklan Televisi terhadap
brand awareness
sepeda motor “Honda” dikalangan
mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2006 UPN ”Veteran” Yogyakarta.
Teknik pengambilan sampel metode sistematik
purposive random
sampling
. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R dan teori
Kultivasi. Jenis penelitian ini adalah pene
litian kuantitatif, yaitu penelitian yang
menggunakan masalah yang hasilnya dapat dibuktikan keakuratannya. Penelitian
menggunakan metode survai, yaitu penelitian yang dilakukan melalui
pengambilan sampel dari populasi sebanyak 77 responden yang diambil dan
menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang pokok. Populasi dalam
penelitian ini adalah Mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta Jurusan Ilmu
Komunikasi angkatan 2006
.
Alat analisis yang digunakan adalah analisis korelasi
product moment, Regresi linear Sederhana, t uji-t, dan R
2
(koefisien determinasi).
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa iklan sepeda motor Honda
dengan tagline “One Heart” yang ditayangkan ditelevisi memiliki pengaruh yang
kuat terhadap mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta Jurusan Ilmu Komunikasi
angkatan 2006. Hasil ini dapat dilihat dari t hitung sebesar 3,347 dengan tingkat
signifikansi sebesar 0,001 yang lebih kecil dari
α
(0,001 < 0,050). Ditemukan
pula koefisien determinasi (R
2
) sebesar 0,130 yang berarti bahwa sekitar 13,0%
variasi pada
brand awarness
mampu diterangkan oleh variabel
tagline
. Sedangkan
sisanya sebesar sekitar 87,0%
diterangkan oleh variabel lain di luar model seperti
brand image
dan
brand
loyality
.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Muji Isambina |
Date Deposited: | 01 Jun 2016 02:21 |
Last Modified: | 01 Jun 2016 02:21 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/2772 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |