KAJIAN KESTABILAN WASTE DUMP DENGAN METODE WASTE DUMP STABILITY RATING AND HAZARD CLASSIFICATION SYSTEM PADA TAMBANG ANDESIT CV. TRIKARYA KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO YOGYAKARTA

ROKHIMAH, NUR (2020) KAJIAN KESTABILAN WASTE DUMP DENGAN METODE WASTE DUMP STABILITY RATING AND HAZARD CLASSIFICATION SYSTEM PADA TAMBANG ANDESIT CV. TRIKARYA KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO YOGYAKARTA. Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul(8).pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan(9).pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan(9).pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi(12).pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak(17).pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text
Draft Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

dustri pertambangan andesit. Luas daerah penambangannya adalah 29 Ha yang berlokasi di Dusun Kalibuko 1, Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. CV. Trikarya melakukan kegiatan penambangan sejak tahun 2016. Sebelum memulai kegiatan penambangan, perusahaan melakukan kegiatan landclearing dan pembongkaran baik pada top soil maupun overburden. Tebal overburden pada lokasi penambangan kurang lebih 2 meter yang merupakan tanah pasir berkrikil. Material overburden hasil pembongkaran diangkut dan ditimbun di samping lereng jalan sebagai waste dump. Jarak antara lokasi penambangan dengan lokasi penimbunan waste dump kurang lebih 200 m. Setelah tahap kegiatan pembongkaran overburden dilakukan, tahap kegiatan selanjutnya adalah penambangan. Dalam kegiatan penambangan, dilakukan pembongkaran Andesit menggunakan rock breaker sebagai pemecah bongkahan material Andesit. Pemuatan Andesit hasil pembongkaran menggunakan satu unit Excavator Kobelco SK200 untuk dimuat ke alat angkut dumptruck Hino Dutro 130HD. Saat ini seluruh material overburden telah berada di lokasi wastedump. Kondisi penimbunan overburden di wastedump membentuk sudut 60° dengan tinggi lereng overburden yaitu 12 meter. Lereng wastedump pada lokasi penelitian rencananya akan dilakukan reklamasi oleh CV.Trikarya, namun kondisi kestabilan lereng wastedump yang nantinya akan dilakukan reklamasi belum diketahui. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan dalam proses penimbunan material waste dump perusahaan melakukan kegiatan penimbunan material overburden di waste dump secara terus menerus. Hal ini tentunya berpotensi mengakibatkan kondisi tidak stabil pada waste dump tersebut. Oleh karena itu diperlukan kajian lanjutan mengenai kestabilan waste dump. Salah satu metode untuk menganalisis kestabilan waste dump adalah waste dump stability rating and hazard classification system. Terdapat dua parameter utama dalam pembobotan WSRHC yaitu Engineering Geology Index (EGI) dan Design Performance Index (DPI). Dari hasil akumulasi pembobotan dari kedua nilai parameter didapat bobot nilai yaitu 38. Sehingga pada pembagian WSR class masuk kedalam tipe IV kategori High Hazard dengan rentan nilai WSR 20-40.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 03 Jan 2022 07:54
Last Modified: 03 Jan 2022 07:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/27629

Actions (login required)

View Item View Item