OPTIMASI PARAMETER PROSES PERLAKUAN PANAS UNTUK MEMAKSIMALKAN KEKERASAN KUNINGAN DENGAN RESPONSE SURFACE METHODOLOGY (RSM)

Dwirahma, Novira (2020) OPTIMASI PARAMETER PROSES PERLAKUAN PANAS UNTUK MEMAKSIMALKAN KEKERASAN KUNINGAN DENGAN RESPONSE SURFACE METHODOLOGY (RSM). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
Tugas Akhir Lengkap(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
Abstrak(41).pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover(20).pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan(16).pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi(35).pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Kuningan merupakan paduan tembaga (Cu) dan seng (Zn). Paduan ini memiliki kekerasan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tembaga dan tahan terhadap korosi serta merupakan konduktor panas yang baik sehingga banyak digunakan sebagai bahan baku alat. Beberapa alat yang menggunakan bahan baku kuningan yaitu roda gigi, poros propeller, tangki radiator dan lainnya membutuhkan kekerasan yang tinggi. Salah satu cara untuk meningkatkan kekerasan yaitu dengan melakukan proses perlakuan panas. Untuk memaksimalkan kekerasan, digunakan Response Surface Methodology (RSM) orde dua dengan rancangan Central Composite Design (CCD). Percobaan yang dilakukan sebanyak 20 percobaan tanpa perulangan. Variabel bebas yang diamati dalam penelitian ini yaitu temperatur pemanasan sebesar 300°C, 400°C dan 500°C, holding time selama 45 menit, 60 menit dan 75 menit serta kekentalan oli dengan SAE 10,20, dan 40. Respon yang diamati berupa kekerasan kuningan. Berdasarkan penelitian, membuktikan bahwa proses perlakuan panas dapat meningkatkan kekerasan pada kuningan. Dari hasil pengolahan data pada penelitian ini, untuk mendapatkan respon yang optimal yaitu kekerasan yang maksimal, parameter proses yang dibutuhkan yaitu temperatur 500°C, holding time 58,18 menit dan menggunakan oli SAE 40. Nilai kekerasan yang akan didapat sebesar 36,398 HRc. Kata Kunci : Metode Permukaan Respon, Perlakuan Panas, Kuningan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Permukaan Respon, Perlakuan Panas, Kuningan
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 03 Jan 2022 07:44
Last Modified: 03 Jan 2022 07:44
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/27627

Actions (login required)

View Item View Item