RANCANGAN GEOMETRI LERENG PENAMBANGAN ANDESIT PT HARGOWILIS INDONESIA KOKAP KULON PROGO

ABDILLAH, FARIS (2020) RANCANGAN GEOMETRI LERENG PENAMBANGAN ANDESIT PT HARGOWILIS INDONESIA KOKAP KULON PROGO. Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi_Faris Abdillah_112150083.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
Cover_Faris Abdillah_112150083.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi_Faris Abdillah_112150083.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan_Faris Abdillah_112150083.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak_Faris Abdillah_112150083.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

PT Hargowilis Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan andesit yang berlokasi di Dusun Tegiri II, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Wilayah izin usaha pertambangan yang dimiliki seluas 52 ha. Kegiatan penambangan dilakukan dengan menggunakan sistem tambang terbuka metode kuari. Dalam usaha memenuhi permintaan yang meningkat dilakukan pembukaan kuari 2 di lokasi baru untuk menambah produksi dari kuari 1 yang sudah aktif. Di lokasi tersebut belum pernah dilakukan analisis geoteknik dan rancangan geometri lereng yang digunakan diambil dari rancangan geometri lereng kuari 1. Kondisi massa batuan dan tingkat kestabilan rancangan geometri lereng di lokasi penelitian belum diketahui sehingga perlu dilakukan analisis. Pemetaan geoteknik dengan metode scanline dilakukan untuk mengetahui kondisi bidang diskontinu. Hasil pemetaan kemudian dianalisis menggunakan metode empiris Rock Mass Rating untuk mengetahui klasifikasi massa batuan. Analisis kinematik dilakukan untuk mengetahui jenis potensi longsoran. Tingkat kestabilan lereng dianalisis menggunakan metode kesetimbangan batas sesuai dengan potensi longsor yang mungkin terjadi. Sesuai dengan rancangan, tinggi lereng tunggal yang akan dibuat adalah 5 m dengan kemiringan lereng sebesar 79˚ dan pada akhir penambangan akan terbentuk lereng keseluruhan dengan tinggi 60 m dan kemiringan 61˚. Hasil analisis kinematik menunjukkan potensi longsor yang mungkin terjadi adalah potensi longsor baji. Klasifikasi massa batuan di lokasi penelitian termasuk Fair Rock dengan hasil nilai pembobotan 44. Rancangan geometri lereng dalam kondisi aman dengan nilai faktor keamanan 1,6 dan probabilitas longsor 0% ketika bidang diskontinu kering, tetapi dalam kondisi bidang diskontinu terisi air penuh nilai faktor keamanan turun menjadi 1,1 dan probabilitas longsor naik menjadi 18,8% menyebabkan lereng tidak aman sehingga perlu dilakukan pengendalian air dengan menutup tension crack menggunakan material impermeable agar bidang diskontinu tetap dalam kondisi kering dan lereng tetap aman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 03 Jan 2022 05:33
Last Modified: 03 Jan 2022 05:33
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/27602

Actions (login required)

View Item View Item