METODE AHP DALAM PEMILIHAN STRATEGI PADA AKTIFITAS PENAMBANGAN FRONT PRODUKSI PT CSD: PENAMBANGAN FULL FACE DAN TOP HEADING AND BENCHIN

Muhamad, Sidik and Wicaksono, Bimo and Dwinagara, Barlian (2019) METODE AHP DALAM PEMILIHAN STRATEGI PADA AKTIFITAS PENAMBANGAN FRONT PRODUKSI PT CSD: PENAMBANGAN FULL FACE DAN TOP HEADING AND BENCHIN. In: PROSIDING TPT XXVIII PERHAPI 2019, 2019, -.

[img]
Preview
Text
27. Metode AHP Dalam Pemilihan Strategi Pada Aktifitas Penambangan Front Produksi PT CSD_Perhapi 2019.pdf

Download (901kB) | Preview

Abstract

PT CSD dikategorikan sebagai marginal ore deposit dengan kadar berkisar 6 gpt mengacu pada klasifikasi kadar emas di Indonesia. Oleh karena itu, strategi penambangan menjadi pertimbangan penting untuk mendapatkan nilai yang lebih ekonomis (Purwanto, 2015). Berdasarkan laporan investigasi geoteknik, ratio tekanan in-situ vertikal dan horizontal di Cibaliung adalah 4.8 MPa:9.2 Mpa atau 1:2, yang berarti tekanan horizontal di Cibaliung dua kali lebih besar dibandingkan dengan tekanan vertikalnya (Campi dan Dugan, 2004). Secara sederhana bisa disimpukan bahwa strategi untuk mempercepat aktifitas produksi secara aman lebih baik dilakukan penambahan ketinggian pada bukaan front produksi dari pada memperlebar dimensi bukaan. Dari sudut pandang biaya pengerjaan bukaan front, biaya metode full face lebih murah ketimbang metode top heading and benching. Adapun untuk tingkat keamanan maka berlaku sebaliknya (Bin Zhu dan Xiaojing Shi, 2013). Analisa keekonomisan pada kegiatan penambangan perlu juga mempertimbangkan tonase ore yang terekstrak/perolehan logam Au untuk menentukan skema mana yang paling sesuai. Pemilihan skema penambangan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan menggunakan tiga kriteria (kestabilan, biaya penambangan, tonase ore) dan empat pilihan skema (full face 1, full face 2, THB 1 dan THB 2). Hasil perhitungan menggunakan metode AHP didapatkan peringkat skema tertinggi sampai terendah: full face 1 (0.343), THB 2 (0.260), THB 1 (0.215), full face 2 (0.182).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: analisa kestabilan, studi keekonomisan, metode AHP, strategi penambangan
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: DR. Ir. MT BARLIAN DWINAGARA
Date Deposited: 07 Jan 2022 06:01
Last Modified: 07 Jan 2022 06:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/27594

Actions (login required)

View Item View Item