PENGARUH APLIKASI ASAM HUMAT DAN PUPUK NPK TERHADAP KETERSEDIAAN N DAN P REGOSOL SERTA SERAPANNYA OLEH KACANG KEDELAI (Glycine max L.)

PRADANA, BRISJA ARTHA ENDIN (2020) PENGARUH APLIKASI ASAM HUMAT DAN PUPUK NPK TERHADAP KETERSEDIAAN N DAN P REGOSOL SERTA SERAPANNYA OLEH KACANG KEDELAI (Glycine max L.). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
1. Brisja - Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
2. Brisja - Judul.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Brisja - Daftar Isi.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Brisja - Lembar Pengesahan.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Brisja - Daftar Pustaka.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Brisja - Abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Regosol merupakan tanah muda yang masih minim proses pelapukan sehingga ketersediaan hara bagi tanaman itu kurang misalnya pada hara N dan P. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan pemberian asam humat dan pupuk NPK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asam humat dan pupuk NPK terhadap ketersediaan N, P Regosol dan serapannya oleh kacang kedelai. Penelitian ini dilaksanakan di Pacitan, Jawa Timur menggunakan polybag yang berisi 5 kg tanah kering mutlak. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) 2 faktor. Faktor pertama adalah kadar asam humat terdiri dari 4 aras yaitu setara dengan 0 kg/ha, 0,98 kg/ha, 1,97 kg/ha, dan 2,96 kg/ha. Faktor kedua adalah dosis pupuk NPK yaitu 0 kg/ha, 250 kg/ha, dan 500 kg/ha. Masingmasing perlakuan diulang 3 kali sehingga didapatkan 36 perlakuan. Pupuk NPK dan asam humat dimasukkan ke dalam tanah kemudian diinkubasi selama 2 minggu sebelum ditanam. Parameter yang diamati adalah C- Organik, P-Tersedia (larut Air), P-Tersedia (Bray), KPK, dan N-Tersedia. Parameter pertumbuhan tanaman: tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah tangkai, berat kering tanaman, berat basah tanaman, berat kering akar, dan panjang akar tanaman, kadar P dan N jaringan serta serapannya. Hasil penelitian menunjukkan pemberian asam humat berpengaruh nyata meningkatkan N, P tersedia Regosol serta serapannya pada kedelai. Sedangkan pemberian pupuk NPK, berpengaruh nyata meningkatkan P tersedia Regosol tetapi tidak berpengaruh nyata meningkatkan N Regosol dan serapan N, P kedelai. Kombinasi asam humat 1,97 kg/ha dan pupuk NPK 250 kg/ha (A2P1) memberikan hasil yang terbaik. Kata Kunci: Regosol, Asam Humat, ketersediaan N dan P, serapan, Kedelai

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Regosol, Asam Humat, ketersediaan N dan P, serapan, Kedelai
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 23 Dec 2021 13:38
Last Modified: 23 Dec 2021 13:38
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/27447

Actions (login required)

View Item View Item