PERSEPSI SUPORTER PSS SLEMAN TERHADAP KAMPANYE “NO TICKET NO GAME”

Leksono, Normandi (2021) PERSEPSI SUPORTER PSS SLEMAN TERHADAP KAMPANYE “NO TICKET NO GAME”. Other thesis, UPN “VETERAN” YOGYAKARTA.

[thumbnail of COVER SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of ABSTAK.pdf]
Preview
Text
ABSTAK.pdf

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN_2.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN_2.pdf

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FINAL-SUDAH-ACC.pdf] Text
SKRIPSI-FINAL-SUDAH-ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Basis supporter PSS Sleman, yaitu Brigatta Curva Sud (BCS) menjadi pelopor supporter
Indonesia yang mulai melangkah untuk membantu klub yang mereka dukung. Aksi nyata tersebut
berupa kampanye “No Ticket No Game”, yang memiliki makna bahwa setiap penonton yang ingin
menikmati pertandingan di stadion harus membayar tiket. Kampanye ini muncul atas kesadaran
supporter melihat pendapatan terbesar klub adalah dari tiket penonton. BCS ingin mengelola
fanatisme dengan benar, yang berdampak positif bagi klub kebanggaannya Penelitian ini disusun
dengan menggunakan jenis studi deskriptif, yaitu metode yang bertujuan untuk menggambarkan
suatu karakteristik dari suatu gejala atau masalah yang diteliti secara fokus pada pertanyaan dasar
“bagaimana” dengan berusaha mendapatkan dan menyampaikan fakta-fakta secara teliti, jelas,
terperinci, dan efektif. Dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan in-depth-interview dengan
suporter PSS Sleman,Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber, dengan cara
mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber. Dengan analisis dan memahai
persepsi suporter PSS Sleman dapat disimpulkan bahwa persepsi positif dari para suporter PSS
Sleman dapat menjadi acuan untuk kiblat para suporter dan klub lain di Indonesia menirunya.
Menurut peneliti Inovasi dari kampanye no ticket no game memang bukan perkara hal yang mudah
namun itu menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan kemajuan dari setiap program atau
rencana. Dengan adanya inovasi dalam dalam kampanye yang beragam di tiap tahunnya bukan
tidak mungkin seluruh elemen suporter di Indonesia akan meniru dan mengkampanyekan no ticket
no game.
Kata Kunci : Persepsi, Suporter, PSS Sleman, Kampanye, No Ticket No Game

ABSTRACT
PSS Sleman's supporter base, namely Brigatta Curva Sud (BCS), became the pioneer of
Indonesian supporters who started to step in to help the clubs they support. The real action is in
the form of the "No Ticket No Game" campaign, which means that every spectator who wants to
enjoy the match at the stadium must pay a ticket. The campaign that arose out of awareness
supporters saw that the club's biggest revenue was from ticket audiences. BCS wants the
organization of fanaticism to be true, which has a positive impact on its club of pride. This research
is structured using a descriptive type of study, namely a method that aims to describe a fact of a
symptom or problem understudy with a focus on the basic questions "how" by trying to get and
convey the facts are thorough, clear, and effective. In collecting data, the researcher conducted
in-depth interviews with PSS Sleman supporters. The validity of the data was tested using
triangulation of sources, by checking the data that had been obtained through several sources. By
analyzing and understanding the perceptions of the PSS Sleman supporters, it can be shown that
the positive perceptions of the PSS Sleman supporters can be a reference for supporters and other
clubs in Indonesia to imitate. According to the innovation researcher from the ticketless campaign,
no game is not an easy matter, but it is one of the keys to increasing the progress of any program
or plan. With the innovation in various campaigns every year, it is not impossible that all elemental
supporters in Indonesia will cause and campaign for no

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Suporter, PSS Sleman, Kampanye, No Ticket No Game
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 08 Dec 2021 02:47
Last Modified: 03 Oct 2022 07:36
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/27241

Actions (login required)

View Item View Item