PERAMALAN SPAREPART MOBIL BUILT-UP UNTUK MEMANGKAS WAKTU INDEN MENGGUNAKAN METODE DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING BROWN (Studi Kasus: Mazda Yogyakarta)

AHZAM, MUHAMMAD (2021) PERAMALAN SPAREPART MOBIL BUILT-UP UNTUK MEMANGKAS WAKTU INDEN MENGGUNAKAN METODE DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING BROWN (Studi Kasus: Mazda Yogyakarta). Other thesis, UPN “VETERAN” YOGYAKARTA.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of Halaman Pengesahan Pembimbing.pdf]
Preview
Text
Halaman Pengesahan Pembimbing.pdf

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of Ahzam-Full-Skripsi.pdf] Text
Ahzam-Full-Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan: Untuk mendapatkan hasil peramalan penjualan sparepart dengan menggunakan metode Double Exponential Smoothing. Untuk mengetahui tingkat akurasi metode Double Exponential Smoothing dengan menggunakan nilai Mean Absolute Percentage Error (MAPE) untuk mengetahui ketersediaan jumlah barang menggunakan metode Double Exponential Smoothing Brown.
Perancangan/metode/pendekatan: Menggunakan Metode Double Exponential Smoothing Brown untuk meramalkan penjualan sparepart periode kedepan.
Hasil: Peramalan stok sparepart geer steering di Mazda Yogyakarta menggunakan Metode Double Exponential Smoothing Brown bahwa kombinasi parameter terbaik berada pada nilai alpha 0,1. Peramalan spearpart geer steering menunjukan nilai MAPE terkecil sebesar 19,91%. Sementara itu, hasil peramalan yang menunjukan nilai MAPE terbesar dengan nilai 59,21% dengan parameter alpha 0,9.
Keaslian/ state of the art: Metode peramalan dan objek penelitian merupakan perbedaan utama antara penelitian ini dengan penelitian sebelumnya. Pada penelitian ini data yang digunakan adalah data primer dari transaksi penjualan sparepart. Selanjutnya Metode Double Exponential Smoothing Brown akan digunakan untuk mengolah output dari analisis data transaksi penjualan sparepart. Output dari Penelitian ini adalah hasil peramalan untuk periode mendatang dan untuk mengukur akurasi peramalan digunakan Nilai MAPE.
Kata kunci: Peramalan; Double Exponential Smoothing Brown; MAPE

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peramalan; Double Exponential Smoothing Brown; MAPE
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 07 Dec 2021 02:43
Last Modified: 25 Aug 2022 04:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/27226

Actions (login required)

View Item View Item