MANAJEMEN ISU DAN KRISIS RSUD SLEMAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Upaya Mengembalikan Citra RSUD Sleman yang Aman Untuk Dikunjungi)

Windasari, Rimadhani Dwi Nur (2021) MANAJEMEN ISU DAN KRISIS RSUD SLEMAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Upaya Mengembalikan Citra RSUD Sleman yang Aman Untuk Dikunjungi). Diploma thesis, UPN "Vteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi (1).pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI-RIMADHANI (153170098).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Dalam situasi krisis, sebuah institusi harus melakukan tindakan pencegahan & penyelesaian masalah sehingga mampu menghadapi krisis tersebut. Hal ini berlaku bagi RSUD Sleman yang menghadapi krisis pada masa pandemi Covid19. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui upaya apa saja yang dilakukan pihak manajemen untuk mengembalikan citra RSUD Sleman yang aman untuk dikunjungi, (2) mengetahui berhasil atau tidaknya upaya tersebut dengan menggunakan pendekatan Situational Crisis Communications Theory (SCCT) . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif karena ingin mengetahui tentang fenomena yang ada dalam kondisi alamiah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semistruktur, observasi, dan dokumentasi. Sebagai salah satu rumah sakit rujukan Covid-19, RSUD Sleman berhasil merespon krisis dengan tiga tahap, yakni pre crisis, crisis event, dan post crisis melalui Tim Satuan Tugas Covid-19. Keberhasilan tersebut dibuktikan dengan protokol baru yang menjadi SOP rumah sakit, pengunjung bisa dilayani sesuai haknya, pengunjung bisa dilayani oleh petugas yang sehat, dan adanya peningkatan jumlah pengunjung setelah terjadi penurunan pengunjung sebesar 50% karena pengunjung takut tertular Covid-19 di area rumah sakit. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penerapan protokol kesehatan dan pemanfaatan platform digital sebagai saluran komunikasi di RSUD Sleman masih belum maksimal. Kata Kunci: manajemen isu dan krisis; komunikasi krisis; RSUD Sleman; Covid-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: manajemen isu dan krisis; komunikasi krisis; RSUD Sleman; Covid-19
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 19 Nov 2021 02:40
Last Modified: 19 Nov 2021 02:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/27100

Actions (login required)

View Item View Item