GEOLOGI DAN ANALISIS LINGKUNGAN PENGENDAPAN LAPISAN “A” FORMASI LOWER GABUS, LAPANGAN “SLR”, CEKUNGAN NATUNA BARAT

OCTAVIRA, DHEA TRY (2021) GEOLOGI DAN ANALISIS LINGKUNGAN PENGENDAPAN LAPISAN “A” FORMASI LOWER GABUS, LAPANGAN “SLR”, CEKUNGAN NATUNA BARAT. Diploma thesis, UPN "Vteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak - Dhea Try Octavira - 111.160.178.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Judul - Dhea Try Octavira - 111.160.178.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi - Dhea Try Octavira - 111.160.178.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka - Dhea Try Octavira - 111.160.178.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan - Dhea Try Octavira - 111.160.178.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text
Draft - Dhea Try Octavira - 111.160.178.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Lapangan “SLR” merupakan salah satu konsesi milik Premier Oil Natuna Sea, B.V. yang terletak di Cekungan Natuna Barat. Lapangan ini merupakan lapangan produksi dan masih diekplorasi untuk menemukan cadangan minyak dan gas bumi. Guna melakukan kegiatan pengembangan lapangan dan eksplorasi maka perlu dilakukan analisis dan interpretasi yang tepat, salah satunya yaitu dengan melakukan analisis lingkungan pengendapan. Lapisan “A” Formasi Lower Gabus menjadi target utama karena lapisan ini berpotensi sebagai batuan reservoir yang mengandung minyak dan gas bumi. Secara garis besar terdapat dua metode yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu metode analisis data sumur dan analisis data seismik. Analisis data sumur dilakukan dengan mengintegrasikan data wireline log, data mud log, dan studi tentang data log. Berdasarkan integrasi data wireline log dan data mud log didapatkan 5 reservoir batupasir pada Lapisan “A”. Hasil analisis data seismik diintergrasikan dengan hasil dari analisis data sumur yang kemudian menghasilkan peta struktur kedalaman. Berdasarkan klasifikasi log pattern (Kendall, 2003 dimodifikasi dari Emery dan Myers, 1996), pada Lapisan “A” didapatkan log pattern berupa funnel dan cylindrical, sehingga diinterpretasikan pada Lapangan “SLR” terdapat asosiasi fasies pengendapan reservoir berupa distributary mouth bar dan distributary channel dengan lingkungan pengendapan berupa delta front dan delta plain. Kata kunci : Cekungan Natuna Barat, Formasi Lower Gabus, Lapisan “A”, reservoir, asosiasi fasies pengendapan, lingkungan pengendapan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cekungan Natuna Barat, Formasi Lower Gabus, Lapisan “A”, reservoir, asosiasi fasies pengendapan, lingkungan pengendapan.
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 19 Nov 2021 02:32
Last Modified: 19 Nov 2021 02:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/27099

Actions (login required)

View Item View Item