GEOLOGI DAN STUDI GEOKIMIA Sn-REE PADA ENDAPAN PLASER DAN GRANIT DI GADUNG, TOBOALI, BANGKA SELATAN, KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

RANI, AMANDA CINTYA (2021) GEOLOGI DAN STUDI GEOKIMIA Sn-REE PADA ENDAPAN PLASER DAN GRANIT DI GADUNG, TOBOALI, BANGKA SELATAN, KEPULAUAN BANGKA BELITUNG. Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (577kB) | Preview
[img] Text
Draft Skripsi dan Lampiran Amanda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Secara administratif daerah penelitian terletak di desa Gadung, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka belitung. Secara geografis daerah penelitian terletak pada koordinat UTM 48S Y: 9671040,8 mN - 9678053,3 mN dan X: 661739,8 mE - 668993,7 mE. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis geokimia Sn-REE pada endapan plaser dan granit, perbandingan kadar antara endapan plaser dan granitoid, dan mengetahui mineral apa saja yang membawa unsur Sn dan REE di daerah penelitian. Tujuan penelitian ini dapat dicapai degan melakukan beberapa metode yaitu pemetaan geologi dan analisis laboratorium diantaranya analisis petrografi, analisis XRF portable, ICP-MS, dan grain counting analysis. Berdasarkan aspek-aspek geomorfologi, daerah penelitian dibagi menjadi 4 bentuk lahan, yaitu satuan dataran bergelombang (D1), satuan bukit terkikis (D2), satuan lembah antropogenik (D3), dan satuan dataran aluvial (F1). Stratigrafi daerah penelitian terbagi menjadi 3 satuan dari tua ke muda yaitu satuan batulempung Tanjunggenting (Trias Awal – tengah), Satuan Granit Klabat ( Trias Akhir), dan satuan endapan aluvial (Kuarter). Struktur geologi yang berkembang pada daerah penelitian berupa sesar kanan (normal right slip fault), kekar, dan vein. Hasil pengeplotan analisa XRF memperlihatkan pola penyebaran Sn dan mineral REE pada endapan plaser yang sebagian besar terakumulasi dan terkayakan di dekat batuan sumber dan pada bagian timur laut daerah penelitian, yang diendapkan dari arah tenggara, selatan, dan barat daya daerah penelitian. Unsur Sn terdapat satuan batulempung Tanjunggenting yang memiliki vein silika dan satuan Granit Klabat yang mengandung vein turmalin. Sedangkan REE terdapat pada satuan Granit Klabat yang menurut analisa geokimia merupakan granit tipe-S yang besifat peralumina dengan afinitas magma high Kcalc alkaline yang terbentuk pada tatanan tektonik Syn-collision. Kata Kunci:

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Geokimia, Plaser, Sn, REE, Granit.
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 08 Nov 2021 06:13
Last Modified: 08 Nov 2021 06:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26961

Actions (login required)

View Item View Item