RANCANGAN GEOMETRI LERENG PENAMBANGAN ANDESIT PT HARGOWILIS INDONESIA KOKAP KULON PROGO

ABDILLAH, FARIS (2020) RANCANGAN GEOMETRI LERENG PENAMBANGAN ANDESIT PT HARGOWILIS INDONESIA KOKAP KULON PROGO. Diploma thesis, UPN "Vteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_Faris Abdillah_112150083.pdf]
Preview
Text
Cover_Faris Abdillah_112150083.pdf

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak_Faris Abdillah_112150083.pdf]
Preview
Text
Abstrak_Faris Abdillah_112150083.pdf

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi_Faris Abdillah_112150083.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi_Faris Abdillah_112150083.pdf

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of Halaman Pengesahan_Faris Abdillah_112150083.pdf]
Preview
Text
Halaman Pengesahan_Faris Abdillah_112150083.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi_Faris Abdillah_112150083.pdf] Text
Skripsi_Faris Abdillah_112150083.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

PT Hargowilis Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di
bidang pertambangan andesit yang berlokasi di Dusun Tegiri II, Desa Hargowilis,
Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Wilayah izin usaha pertambangan
yang dimiliki seluas 52 ha. Kegiatan penambangan dilakukan dengan menggunakan
sistem tambang terbuka metode kuari.
Dalam usaha memenuhi permintaan yang meningkat dilakukan pembukaan
kuari 2 di lokasi baru untuk menambah produksi dari kuari 1 yang sudah aktif. Di
lokasi tersebut belum pernah dilakukan analisis geoteknik dan rancangan geometri
lereng yang digunakan diambil dari rancangan geometri lereng kuari 1. Kondisi
massa batuan dan tingkat kestabilan rancangan geometri lereng di lokasi penelitian
belum diketahui sehingga perlu dilakukan analisis.
Pemetaan geoteknik dengan metode scanline dilakukan untuk mengetahui
kondisi bidang diskontinu. Hasil pemetaan kemudian dianalisis menggunakan
metode empiris Rock Mass Rating untuk mengetahui klasifikasi massa batuan.
Analisis kinematik dilakukan untuk mengetahui jenis potensi longsoran. Tingkat
kestabilan lereng dianalisis menggunakan metode kesetimbangan batas sesuai
dengan potensi longsor yang mungkin terjadi. Sesuai dengan rancangan, tinggi
lereng tunggal yang akan dibuat adalah 5 m dengan kemiringan lereng sebesar 79˚
dan pada akhir penambangan akan terbentuk lereng keseluruhan dengan tinggi 60
m dan kemiringan 61˚.
Hasil analisis kinematik menunjukkan potensi longsor yang mungkin terjadi
adalah potensi longsor baji. Klasifikasi massa batuan di lokasi penelitian termasuk
Fair Rock dengan hasil nilai pembobotan 44. Rancangan geometri lereng dalam
kondisi aman dengan nilai faktor keamanan 1,6 dan probabilitas longsor 0% ketika
bidang diskontinu kering, tetapi dalam kondisi bidang diskontinu terisi air penuh
nilai faktor keamanan turun menjadi 1,1 dan probabilitas longsor naik menjadi
18,8% menyebabkan lereng tidak aman sehingga perlu dilakukan pengendalian air
dengan menutup tension crack menggunakan material impermeable agar bidang
diskontinu tetap dalam kondisi kering dan lereng tetap aman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 02 Nov 2021 04:29
Last Modified: 29 Feb 2024 07:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26954

Actions (login required)

View Item View Item