PERAMALAN DATA PENJUALAN BULANAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY TIME SERIES CHEN DAN CHENG (Studi kasus : Toko Unit 1 Koperasi Pegawai UPN “Veteran” Yogyakarta)

PRADANA, HENDY (2020) PERAMALAN DATA PENJUALAN BULANAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY TIME SERIES CHEN DAN CHENG (Studi kasus : Toko Unit 1 Koperasi Pegawai UPN “Veteran” Yogyakarta). Diploma thesis, UPN "Vteran" Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi full Hendy Pradana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PENGUJI.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Setiap harinya koperasi menjual berbagai macam produk yang hampir tidak pernah sepi pembeli, intensitas penjualan barang berbeda – beda jumlahnya, tentunya itu sangat pengaruh pada jumlah penyetokan barang didalam koperasi. Permasalahan tersebut membuat instansi koperasi ragu dalam penyetokan barang yang akan dijual, dikarenakan permintaan pelanggan yang fluktuatif dan berbeda beda setiap pembelian. Pada penelitian ini menggunakan metode fuzzy time series untuk peramalan penjualan dengan chen dan cheng, untuk meramalkan atau memprediksi data penjualan barang rokok pada periode berikutnya secara sistematis. Data yang digunakan untuk penelitian ini dilakukan selama satu tahun. Metode diatas dijadikan parameter untuk untuk mencari nilai MAPE terendah. Dari hasil perhitungan data rokok selama satu tahun didapatkan output metode chen 2151 dan output metode cheng 2172. Dimana Mean Absolute Percentage Eror (MAPE) yang dihasilkan untuk metode chen adalah 17.07 sedangkan untuk metode cheng mendapatkan nilai MAPE 16.03. dengan demikian peralaman yang dapat digunakan untuk memprediksi satu periode kedepan adalah metode fuzzy time series dengan perhitungan cheng dikarenakan memiliki nilai MAPE yang rendah. Semakin rendah tingkat MAPE semakin baik hasil peramalan. Katakunci : Forcasting, fuzzy time series, Chen, Cheng, MAPE, Penjualan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Forcasting, fuzzy time series, Chen, Cheng, MAPE, Penjualan
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 01 Nov 2021 03:47
Last Modified: 01 Nov 2021 03:47
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26936

Actions (login required)

View Item View Item