KAJIAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PEMUATAN DAN PENGANGKUTAN PASIR DAN BATU DI IUP A/N SUMANTO, DUSUN JALAN BANARAN, KECAMATAN GALUR, KABUPATEN KULONPROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

SYAHPUTRA, ALFA ADI (2021) KAJIAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PEMUATAN DAN PENGANGKUTAN PASIR DAN BATU DI IUP A/N SUMANTO, DUSUN JALAN BANARAN, KECAMATAN GALUR, KABUPATEN KULONPROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI - ALFA ADI SYAHPUTRA FIX .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Halaman ringkasan atau abstrak (2).pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman judul atau cover (1).pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman daftar pustaka.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Daftar isi.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

IUP a/n Sumanto yang merupakan naungan di bawah naungan Kelompok Penambang Sedyo Rukun merupakan izin usaha pertambangan yang bergerak di pertambangan komoditas pasir dan batu, berlokasi di alamat Jalan Padukuhan IX, RT 038/RW 018 Dusun Jalan Banaran, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan penambangan pasir dan batu yang dilaksanakan seringkali tidak mengindahkan tentang pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang pada akhirnya dapat mencelakai pekerja maupun masyarakat. Keselamatan dan Kesehatan Kerja diwajibkan untuk diterapkan dan dilaksanakan untuk seluruh perusahaan tambang yang diatur dalam Kepmen ESDM No. 1827K/ 30/ MEM/ 2018. Kajian untuk Keselamatan dan Kesehatan kerja perlu dilakukan pada kegiatan pemuatan dan pengangkutan agar dapat mengidentifikasi dan menganalisa potensi bahaya yang dapat menyebabkan kecelakaan supaya perusahaan dapat mengevaluasi dan memperbaiki agar tidak ada kecelakaan yang terjadi selama proses penambangan terutama pada kegiatan pemuatan dan pengangkutan sedang berlangsung. Hasil dari penelitian di dapatkan bahwa di IUP a/n Sumanto tidak pernah terjadi kecelakaan pada tahun 2020 dan selama proses penelitian sedang berlangsung, tetapi masih terdapat potensi bahaya yang dapat menyebabkan kecelakaan. Namun perlu diingat bahwa meskipun tidak pernah terjadi kecelakaan, di IUP a/n Sumanto masih terdapat potensi bahaya yang harus segera dievaluasi dan di tangani agar mempertahankan tetap tidak terjadi kecelakaann dan memperhatikan tentang pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 18 Oct 2021 06:16
Last Modified: 18 Oct 2021 06:16
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26892

Actions (login required)

View Item View Item