PENGARUH KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR DAN UMUR BIBIT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SAWI (Brassica juncea L. Czern )

Nursanti, Irma (2021) PENGARUH KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR DAN UMUR BIBIT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SAWI (Brassica juncea L. Czern ). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
1. SKRIPSI FULL Irma Nursanti 134140051.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar pengesahan.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Tanaman sawi (Brassica juncea L. Czern) merupakan salah satu sayuran yang permintaannya terus meningkat setara dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan, sehingga peningkatan jumlah produksi tanaman sawi perlu dipertahankan yaitu dengan penggunaan konsentrasi pupuk organik cair dan umur bibit cair yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara konsentrasi pupuk organik cair dan umur bibit, konsentrasi pupuk organik cair yang paling baik, dan pengaruh umur bibit yang tepat terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sawi. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2020 sampai Januari 2021 di Greenhouse Kebun Percobaan Wedomartani UPN “Veteran” Yogyakarta. Penelitian merupakan percobaan lapangan dalam polybag yang menggunakan Rancangan Petak Terbagi. Petak utama terdiri dari tiga aras konsentrasi pupuk organik cair, yaitu konsentrasi 10 ml/l, konsentrasi 15 ml/l, dan konsentrasi 20 ml/l. Anak petak terdiri dari empat aras umur bibit, yaitu 12 hss (hari setelah semai), 15 hss, 18 hss, dan 21 hss. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara perlakuan konsentrasi pupuk organik cair dan umur bibit tanaman terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sawi pada parameter tinggi tanaman umur 32 hst dan jumlah daun umur 32 hst, konsentrasi 15 ml/l memberikan hasil paling baik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sawi pada parameter tinggi tanaman umur 32 hst, jumlah daun umur 32 hst, lebar daun, luas daun, volume akar, bobot segar tanaman, bobot ekonomi tanaman, dan bobot kering tanaman, serta umur bibit berpengaruh nyata pada semua parameter dan umur bibit yang paling baik untuk pertumbuhan dan hasil tanaman sawi adalah 18 hss. Kata kunci : konsentrasi, pupuk organik cair, sawi hijau, umur bibit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: konsentrasi, pupuk organik cair, sawi hijau, umur bibit.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 18 Oct 2021 05:01
Last Modified: 18 Oct 2021 05:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26878

Actions (login required)

View Item View Item