Rancangan Jalan Tambang Pada Penambangan Batu Andesit Di Kecamatan Kokap, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

WIYONO, Bagus and Cahyadi, Tedy Agung and Dwinagara, Barlian and HARTONO, Hartono and Safaat, Muhammad Faiz (2020) Rancangan Jalan Tambang Pada Penambangan Batu Andesit Di Kecamatan Kokap, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Teknologi Pertambangan, 6 (1). pp. 84-92. ISSN 2442-4234

[img]
Preview
Text
19. JTP Vol. 6 No. 1_ Rancangan Jalan Tambang Pada Penambangan Batu Adesit di Kecamatan Kokap.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu syarat agar kegiatan penambangan dapat berjalan dengan baik yaitu dibutuhkan kondisi jalan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan struktur perkerasan jalan angkut tambang dan membuat rancangan geometri jalan angkut tambang. Kemudian struktur perkerasan di analisis menggunakan metode elemen hingga. Berdasarkan penelitian dilapangan, didapatkan hasil Dynamic Cone Penetrometer (DCP) dengan nilai California Bearing Ratio (CBR) terkecil 1, 10% dan terbesar 5, 27% yang tidak memenuhi untuk menjadi lapisan subgrade, maka dilakukan pemindahan tanah sebanyak 641,52 m3. Setelah Pemindahan menghasilkan grade lebih besar dari 12% pada segmen E-F dan segmen L-M. Untuk mengatasi masalah grade yang ada, dilakukan dengan cara menambahakan materi 692,44m3atau membogkar material 368,52 m3 untuk memperkecil grade. Berat truk 23, 64 ton dan kepadatan lalu-lintas 25,99 kendaraan/hari maka dapat dikategorikan dalam kategori 3 dengan regangan vertikal maksimum 2500 microstrain. Dengan lapisan subgrade CBR 97,34% menghasikan regangan vertikal sebesar 1004 microstrain pada sayatan A-A’ dan 995 microstrain pada sayatan B-B’. Permukaan jalan dikonstruksi memakai pecahan batuan yang mempunyai nilai CBR 80% dengan nilai abrasivitas batu breksi 29,5%. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan dump truck Toyota Dyna 130HT dengan lebar 1,94 m, syarat lebar jalan minimum 3,89 m untuk jalan lurus dan 4,69m untuk tikungan. Setelah lebar jalan tikungan, perlu dibuat superelevasi 0, 136 m/m dengan jari-jari tikungna 9,88m. Cross fall dibuat dengan perbedaan elevasi jalan lurus 8 cm dan jalan tikungan 11 cm. perbedaan tinggi jenjang 20 m dan grade maksimal 12% diperlukan Panjang jalan naik 166,67 m dengan tanggul pengaman 0,39 m.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: DR. Ir. MT BARLIAN DWINAGARA
Date Deposited: 09 Aug 2021 08:05
Last Modified: 09 Aug 2021 08:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26496

Actions (login required)

View Item View Item