PENGELOLAAN MATA AIR UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN AIR DOMESTIK DI WILAYAH SUB DAS KALI JALI BAGIAN HULU, KECAMATAN GEBANG, KABUPATEN PURWOREJO, PROVINSI JAWA TENGAH

Aurilia, Mia Fitri (2020) PENGELOLAAN MATA AIR UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN AIR DOMESTIK DI WILAYAH SUB DAS KALI JALI BAGIAN HULU, KECAMATAN GEBANG, KABUPATEN PURWOREJO, PROVINSI JAWA TENGAH. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan-1.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi-14.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Mia-1.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak-12.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text
Skripsi S1 Mia Fitri Aurilia - 114160047.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Desa Redin, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah memiliki tiga mata air yang merupakan sumber air utama untuk memenuhi kebutuhan air domestik sebanyak 729 jiwa di Dusun Redinkidul. Adanya penurunan debit mata air akibat pengaruh musim, serta aktivitas pada daerah imbuhan yang menyebabkan pengaruh pada kualitas air menyebabkan mata air tersebut perlu dikelola agar potensinya terus terjaga. Tujuan penelitian ini adalah mengatahui karakteristik mata air, menganalisis kondisi eksisting daerah imbuhan yang berpengaruh terhadap potensi mata air, dan menganalisis arahan pengelolaan mata air dan daerah imbuhan. Metode penelitian yang digunakan yaitu survei dan pemetaan, metode matematis, uji laboratorium, metode skoring, dan metode evaluasi. Analisis data dilakukan terhadap parameter geofisik kimia, biotis, sosial, serta kualitas dan kuantitas air. Penelitian ini mengkaji karakteristik mata air berupa tipe dan sebaran, kondisi eksisting daerah imbuhan yang berpengaruh terhadap potensi mata air, serta arahan pengelolaan terhadap mata air dan daerah imbuhan. Potensi yang dikaji berupa kualitas dan kuantitas mata air. Parameter kualitas mata air yang diujikan yaitu Kekeruhan, TDS, pH, CaCO3, COD, BOD, Nitrat, Fe, dan total coliform. Kuantitas mata air dikaji berdasarkan debit mata air yang dikaitkan dengan ketersediaan dan kebutuhan air. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata air di lokasi penelitian memiliki karakteristik yaitu berada di kaki lereng, memiliki tipe tahunan, debit kelas VI dan VII, serta termasuk tipe fracture spring. Potensi mata air secara kualitas tidak memenuhi baku mutu untuk parameter BOD, COD, dan total coliform. Aktivitas domestik yang berada di daerah imbuhan dapat mempengaruhi kualitas mata air. Sedangkan kuantitas air mencukupi untuk proyeksi 10 tahun ke depan dengan indeks kekritisan 1,515 – 1,850 %. Daerah imbuhan termasuk ke dalam kelas sedang. Pengelolaan dilakukan dengan pendekatan teknis, vegetatif, dan non teknis atau pendekatan sosial-institusi. Kata Kunci: Daerah Imbuhan, Kekritisan Air, Konservasi, Pengelolaan Mata air, Potensi Mata air.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Daerah Imbuhan, Kekritisan Air, Konservasi, Pengelolaan Mata air, Potensi Mata air.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 05 Aug 2021 08:55
Last Modified: 05 Aug 2021 08:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26466

Actions (login required)

View Item View Item