PENGARUH KETINGGIAN PENUTUP TERPAL DAN TEBAL LAPISAN PENGERINGAN BENIH PADA INOVASI LANTAI JEMUR SIPERKASA TERHADAP MUTU BENIH DAN PERTUMBUHAN BIBIT PADI (Oryza sativa L.)

ATMAJA, BAGAS DANURWENDA (2020) PENGARUH KETINGGIAN PENUTUP TERPAL DAN TEBAL LAPISAN PENGERINGAN BENIH PADA INOVASI LANTAI JEMUR SIPERKASA TERHADAP MUTU BENIH DAN PERTUMBUHAN BIBIT PADI (Oryza sativa L.). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi Full Bagas Danurwenda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Bagas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tanaman padi (Oryza sativa L.) merupakan bahan makanan pokok sebagian besar penduduk Indonesia. Dalam proses pembuatan benih padi, penjemuran gabah merupakan salah satu masalah yang dihadapi pada saat musim penghujan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang ketinggian tenda, ketebalan lapisan benih yang tepat dan interaksi antara ketinggian tenda dan ketebalan lapisan benih terhadap mutu benih padi. Metode Penelitian yang digunakan yaitu percobaan lapangan yang disusun dengan rancangan lingkungan RAKL (Rancangan Acak Kelompok Lengkap) dengan menggunakan Rancangan Percobaan Petak Terbagi (Split Plot Design). Sebagai Petak Utama (Main Plot) adalah perlakuan tinggi penutup terpal yaitu 50 cm, 80 cm dan 110 cm. Sebagai Anak Petak (Sub Plot) adalah perlakuan tebal lapisan yaitu 5 cm, 7 cm, 9 cm dan 11 cm. Setiap kombinasi perlakuan diulang sebanyak tiga kali. Hasil penelitian dianalisis menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) pada taraf 5%. Apabila terdapat beda nyata maka dilanjutkan dengan Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) dengan taraf 5%. Hasil penelitian pada perlakuan tinggi terpal menunjukkan pengaruh nyata pada parameter potensi tumbuh maksimum dan tinggi tanaman minggu ke-4. Perlakuan tinggi tenda 50 cm nilai potensi tumbuh maksimum nya tertinggi. Perlakuan tebal lapisan menunjukkan pengaruh nyata pada parameter jumlah anakan minggu ke-4 dan tinggi tanaman minggu ke-4. Jumlah anakan minggu ke-4 perlakuan tebal lapisan 7cm, 9 cm dan 11 cm tidak berbeda nyata namun nyata lebih baik dari tebal lapisan 5 cm. Parameter tinggi tanaman minggu ke-4 yang tertinggi yaitu pada tebal lapisan 7 cm. Ada interaksi antara perlakuan tinggi terpal (T) dan tebal lapisan (L) pada parameter jumlah anakan minggu ke-6, tinggi tanaman minggu ke-2 dan tinggi tanaman minggu ke-6. Kata kunci: Pengeringan, Benih Padi, Siperkasa, Tinggi Penutup Terpal, Ketebalan Lapisan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengeringan, Benih Padi, Siperkasa, Tinggi Penutup Terpal, Ketebalan Lapisan.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 03 Aug 2021 09:18
Last Modified: 03 Aug 2021 09:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26439

Actions (login required)

View Item View Item