APLIKASI BERBAGAI KONSENTRASI CHITOSAN DAN DOSIS PUPUK KANDANG SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.)

Al Amin, Muhammad Muttakin (2020) APLIKASI BERBAGAI KONSENTRASI CHITOSAN DAN DOSIS PUPUK KANDANG SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak b.indo dan b.ing.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Cabai rawit, (Capsicum frutescens L.) adalah tumbuhan dari anggota genus Capsicum, yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi disebabkan karena tingkat konsumsi masyarakat per kapita terhadap cabai cukup tinggi, demikian pula cabaipun dibutuhkan pada beberapa industri. Upaya untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil cabai rawit diperlukan perawatan dan tambahan nutrisi salah satunya dengan menambahkan pupuk kandang sapi dan POC Chitosan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan berapa konsentrasi chitosan dan dosis pupuk kandang yang efektif untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman cabai. Penelitian akan dilaksanakan pada bulan Juni 2019 sampai September 2019 di Dukuh Rejosari Desa Serut, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode faktorial dengan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dua faktor. Faktor pertama adalah konsentrasi chitosan yaitu 0,4 %, 0,8 %, 1,2 %. Faktor kedua dosis pupuk kandang yaitu 15 ton/ha, 20 ton/ha, 25 ton/ha dan kontrol. Setiap kombinasi perlakuan dan kontrol diulang sebanyak 3 kali. Pengamatan yang dilakukan meliputi tinggi tanaman, diameter batang, jumlah daun, umur tanaman saat berbunga, berat buah segar/tanaman, berat kering tanaman, ratio tunas dan akar. Data pengamatan di analisis secara statistik menggunakan uji Analysis of Varians (ANOVA) pada jenjang nyata 5% dan yang terdapat beda nyata dilakukan dengan uji jarak berganda Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada taraf 5% dan Kontras Ortogonal. Hasil penelitian menunjukkan bobot buah perlakuan kontrol nyata lebih rendah dibandingkan kombinasi perlakuan pada parameter bobot buah segar perpetak, terdapat interaksi antara konsentrasi chitosan dan dosis pupuk kandang pada parameter bobot buah segar pertanaman dan bobot buah segar perpetak. Pada kombinasi perlakuan terbaik pada konsentrasi chitosan 0,8 % dan dosis pupuk kandang 25 ton/ha. Kata Kunci : Cabai rawit, pupuk kandang, chitosan, dosis, konsentrasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cabai rawit, pupuk kandang, chitosan, dosis, konsentrasi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 30 Jul 2021 08:26
Last Modified: 30 Jul 2021 08:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26389

Actions (login required)

View Item View Item