EVALUASI PENYEMENAN PRIMER PADA CASING LINER 7” DENGAN ANALISA KURVA CBL – VDL PADA SUMUR “IH-02” LAPANGAN “HSB” PT PERTAMINA HULU ENERGI ONWJ

HASIBUAN, IRWANSYAH (2020) EVALUASI PENYEMENAN PRIMER PADA CASING LINER 7” DENGAN ANALISA KURVA CBL – VDL PADA SUMUR “IH-02” LAPANGAN “HSB” PT PERTAMINA HULU ENERGI ONWJ. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
Draft Skripsi Irwansyah Hasibuan_113160023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Skripsi Irwansyah Hasibuan_113160023.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Skripsi Irwansyah Hasibuan_113160023.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Skripsi Irwansyah Hasibuan_113160023.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi Skripsi Irwansyah Hasibuan_113160023.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Penyemenan primer pada casing liner 7” dilakukan sebelum kegiatan produksi, mengingat pentingnya kualitas penyemenan primer harus memenuhi standar ketentuan yang berlaku, sehingga nantinya ketika kegiatan produksi dilakukan semen dapat menjalankan fungsinya seperti melindungi casing dari fluida korosif, menahan tekanan formasi dan juga mencegah adanya migrasi dari zona air maupun gas yang ikut terproduksi. Evaluasi penyemenan pada casing 7” ini menggunakan peralatan logging yaitu Cement Bond Log (CBL) dan Variabel Density Log (VDL) yang dilakukan di kedalaman 4524 ft – 6057 ft dan juga evaluasi secara operasional. Analisa secara kuantitatif menggunakan CBL meliputi pembacaan amplitude, attunuasi, cement map, yang kemudian dapat ditentukan besaran harga compressive strength dan harga bond index. Sedangkan analisa secara kualitatif dilakukan secara komprehensif dari perekaman VDL. Untuk evaluasi dari segi operasional dilihat dari kesesuaian perencanaan dan pelaksanaan di lapangan. Dari hasil evaluasi penyemenan pada sumur IH-02 lapangan HSB trayek casing liner 7” dengan analisa kurva CBL-VDL diperoleh sebesar 28 % Compressive Strength yang baik, 13 % Compressive Strength yang sedang dan 59 % Compressive Strength yang buruk, sedangkan untuk Bond Index baik sebesar 28 % dan Bond Index buruk sebesar 72 %. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan kualitas penyemenan adalah buruk dengan harga amplitude diatas 8 mV yang berindikasi channeling/mircroannulus, bad to formation dan free pipe. Faktor lain yang mempengaruhi kualitas dari penyemenan yaitu ketepatan dalam perhitungan bubur semen baik aditif, total fluida dan total sak semen serta desain thickening time.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 30 Jul 2021 07:41
Last Modified: 30 Jul 2021 07:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26380

Actions (login required)

View Item View Item