KARAKTERISTIK LENGAS TANAH DI BAWAH TEGAKAN TANAMAN YANG BERBEDA PADA LAHAN REKLAMASI PT SEMEN HOLCIM INDONESIA CILACAP JAWA TENGAH

ANJA, MUHAMMAD RIF’AT (2020) KARAKTERISTIK LENGAS TANAH DI BAWAH TEGAKAN TANAMAN YANG BERBEDA PADA LAHAN REKLAMASI PT SEMEN HOLCIM INDONESIA CILACAP JAWA TENGAH. Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak Muhammad Rif'at Anja 134150123.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text
Skripsi Muhammad Rif'at Anja 134150123(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan(2).pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover(6).pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan(2).pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pertambangan pada umumnya mengakibatkan kerusakan lahan, untuk itu diperlukan adanya revegetasi lahan tambang agar lahan tersebut dapat pulih kembali. Kesuburan tanah sangat penting untuk menunjang tumbuh dan berkembangnya tanaman revegetasi. Kesuburan tanah berhubungan erat dengan sifat fisik tanah. Kondisi fisik tanah merupakan faktor penting untuk menentukan penetrasi akar di dalam tanah. Lengas tanah merupakan salah satu sifat fisik tanah yang berperan penting dalam menjaga kelembaban tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik lengas tanah di bawah tegakan tanaman Trembesi, Johar, dan Asem Belanda. Penelitian ini dilakukan pada lahan reklamasi pasca tambang Blok K PT. Holcim Indonesia Pabrik Cilacap Jawa Tengah, dilaksanakan pada bulan Juni sampai Desember 2019. Metode yang digunakan dalam penentuan lokasi yaitu metode purposif dengan menentukan 12 lokasi penelitian dengan jenis tanah yang sama. Pengambilan sampel tanah pada masing – masing lokasi dilakukan pada kedalaman 0 – 25 cm. Parameter yang dipakai meliputi tekstur tanah, karakteristik lengas tanah (pF), porositas tanah, kadar bahan organik, dan kadar lengas tanah (KL) pada pF 0 ; 1 ; 2 ; 2,54 ; 4,2. Hasil penelitian karakteristik lengas tanah pada lahan reklamasi menunjukkan hasil adanya perbedaan karakteristik pada setiap tegakan tanaman. Berdasarkan kurva pF, tanah di bawah tegakan vegetasi Trembesi dengan kanopi sedang memiliki sifat mudah meloloskan air dibandingkan sampel yang lain, untuk memperbaiki lengas tanah yang berkaitan dengan kegiatan revegetasi pada lokasi penelitian sangat direkomendasikan untuk meningkatkan pengelolaan lokasi penyimpanan tanah pucuk dengan menambahkan tanaman legum sebagai tanaman penutup. Tanaman legum ini berguna untuk mengurangi adanya erosi, menjaga dan meningkatkan kelembaban tanah. Kata Kunci : karakteristik lengas tanah, reklamasi, tanaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : karakteristik lengas tanah, reklamasi, tanaman.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 02 Jul 2021 02:28
Last Modified: 02 Jul 2021 02:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26144

Actions (login required)

View Item View Item