ANALISIS PENGARUH KEBIJAKAN TARIF IMPOR DALAM PERANG DAGANG AMERIKA SERIKAT – CHINA TERHADAP PERGERAKAN HARGA SAHAM DI INDONESIA PADA TAHUN 2018 (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Manufaktur Yang Terdaftar di BEI)

Majid, Dien Kharis (2020) ANALISIS PENGARUH KEBIJAKAN TARIF IMPOR DALAM PERANG DAGANG AMERIKA SERIKAT – CHINA TERHADAP PERGERAKAN HARGA SAHAM DI INDONESIA PADA TAHUN 2018 (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Manufaktur Yang Terdaftar di BEI). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi Fulltext_142160083_Dien Kharis Majid.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Cover_142160083_Dien Kharis Majid.pdf

Download (731kB) | Preview

Abstract

Fenomena perang dagang terkait tarif impor yang melibatkan dua raksasa ekonomi dunia yaitu Amerika Serikat dan China telah mempengaruhi perekonomian secara global, khususnya negara – negara yang memiliki hubungan dagang dengan kedua negara seperti Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak perang dagang tersebut terhadap Indonesia melalui pergerakan indeks harga saham gabungan sektor manufaktur dalam pasar modal Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 13 perusahaan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk studi peristiwa (event study). Data yang digunakan merupakan hari pengumuman tarif impor yaitu pada tanggal 8 Maret, 2 April, dan 6 Juli 2018 dengan pertimbangan lima hari sebelum dan lima hari sesudah hari pengumuman tersebut. Uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan (paired-sample t-test) sebagai uji beda dengan terlebih dahulu dilakukan penghitungan average abnormal return dan uji normalitas untuk mengetahui uji beda yang akan digunakan dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan abnormal return antara sebelum dan sesudah pengumuman tarif impor pada tanggal 8 Maret, 2 April 2018 maupun pada tanggal 6 Juli 2018. Kata Kunci: Tarif Impor, Perang Dagang, Indeks Harga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tarif Impor, Perang Dagang, Indeks Harga.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 30 Jun 2021 04:26
Last Modified: 30 Jun 2021 04:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26130

Actions (login required)

View Item View Item